Puluhan Tahun Berjaya dengan Bok Speaker

RADAR PALEMBANG, USAHA-Usaha pembuatan bok sepaker merupakan salah satu peluang usaha yang sangat cemerlang, bagaimana tidak? Dari waktu ke waktu pasti selalu ada yang memesan bok speaker. Untuk mendapatkan speaker yang sempurna pun diperlukan keahlian khusus yang harus dimiliki seseorang.

Sebut saja Jalaludin salah satu pembuat bok speaker di kawasan Rumah Susun yang telah dikenal sejak tahun 1990-an. Keahlian membuat bok speaker ini didapatnya di Kota Bandung. Semula ia masih enggan untuk menjalankan usaha ini, tetapi berkat coba-coba membuat pesanan bok speaker yang di pesan sang teman membuatnya terkenal dan membuatnya pun terus bersemangat untuk menghasilakn beragam bok speaker.

Mulai dari speaker mobil, band, serta orgen tunggal dihasilkanya.

Dengan modal dengkul (pas-pasan-red) ia berusaha mengembangkan usaha ini, dengan harapan usahanya bisa terus maju dan dikenal orang. Akhirnya cita-citanya terwujud, selama kurang lebih 10 tahun-an hingga saat ini ia telah memiliki langganan sebuah toko yang memasarkan speaker-speaker karyanya.

Perbulan Jalaludin bisa menghasilkan kurang lebih sekitar 60-an bok speaker sedang perbulan yang telah siap digunakan yang ditawarkan seharga Rp 250 ribu per unit. Sedangkan untuk bok speaker ukuran besar yang biasa dipesan para pengusaha orgen tunggal atau rental band ditawarkan dengan kisaran harga berkisar dari Rp 800 ribu hingga Rp 1,8 juta-an per unit. Sedangkan untuk bok speaker ukuran besar dalam satu bulan hanya berkisar 10 unit-an saja, karena tergantung dari pesanan, bila ada yang pesan baru diproduksinya.

Bicara mengenai keuntungan perbulan perbulan penghasilan yang pasti dari penjualan aneka speaker ukuran sedang bisa mencapai Rp 20 juta-an. Belum lagi apabila ada pelanggan yang memintanya merenovasi speaker mobil full biayanya bisa mencapai Rp 6 hingga Rp 7 juta-an per hari. ’’Tetapi terkadang malah penghasilan yang didapatkan bisa dibawah rata-rata, ya namanya juga rezeki macan-macanan jadi tidak bisa ditebak,’’ ungkapnya.

Tetapi biasanya menjelang lebaran pesanan bok speaker ini akan berlimpah, ini pun merupakan suatu pelauang yang sangat menguntungkan bagi saya, “sambungya. (iya)

About these ads

2 Tanggapan

  1. pak kalo bisa mbok saya di kasih contoh ukuran-ukuran untuk membuat bok speaker baik 6 “, 8″, 10″, 12″ untuk luar ruangan
    bentuknya bagaimana… ukurannya bagaimana

  2. iya tu saya juga pgen tau ukuran n model box speaker yang terbaru n suaranya mak nyusssssssss……:-D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: