Oknum KPUD Diduga Pangkas Honor KPPS

RADAR PALEMBANG, BANYUASIN - Anggota Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS), mengeluhkan adanya pengurangan honor yang mereka terima. Pasalnya, setiap orang mendapatkan potongan sebesar Rp 30 ribu dari honor yang telah ditetapkan sebelumnya. Diduga, pemotongan honor tersebtu dilakukan oleh oknum di KPU Banyuasin.

Salah seorang anggota KPPS yang bertugas di Desa Air Batu Kabupaten Banyuasin, Pairan (35) mengatakan, pemotongan tersebut cukup membuatnya kaget, dan baru diketahui setelah menerima uang honor tersebut. Pairan mengaku kesal. Pasalnya sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari KPUD Banyuasin kalau honor tersebut akan dipotong 15 persen.

“Kami juga heran, honor tidak seberapa tapi ada saja pemotongan. Alasannya untuk PPN dan PPH. Tapi kan tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Ya, coba dibayangkan, honor kecil dipotonh 15 persen lagi. Lalu kami dapat apa?,”terangnya kesal.

Menurut Pairan jumlah yang didapatkan dari KPU jauh berbeda dengan yang telah diumumkan di media. Bahkan selisihnya mencapai dua kali lipat. Dijelaskannya, pada saat diumumkan, honor bagi Ketua KPPS berjumlah sebesar Rp 600 ribu dan Rp 400 ribu untuk anggota KPPS. ”Kami sangat terkejut saat menerima honor tersebut,. Pada pilgub ini kami hanya menerima sebesar Rp 250 untuk ketua dan Rp 200 ribu untuk anggota KPPS,” bebernya.

Hal yang sama juga diungkapkan Asep, Ketua KPPS di Desa Air Batu. Menurutnya pemotongan yang dilakukan terhadap honor para KPPS itu sudah keterlaluan. Apalagi bila mencapai 15 persen dari jumlah pendapatan mereka.

“Untuk Ketua KPPS dari Rp 250 ribu yang di berikan di potong lagi 15 persen. Jadi Ketua KPPS hanya menerima Rp 212 ribu dari Rp 250 ribu yang dijanjikan. Sedangkan kami yang anggota hanya menerima Rp 170 ribu dari jumlah Rp 200 ribu honor yang harus kami dapatkan,” jelas pairan.

Dihubungi terpisah, Sekretaris KPUD Banyuasin, Nelson Firdaus, membantah prihal penyunatan tersebut. Pihaknya menegaskan, semua honor ntuk KPPS diserahkan langsung kepada Ketua KPPS masing-masing.

“Tidak ada pengurangan sama sekali dan semuanya diberikan utuh sesuai dengan jatah yang telah ditetapkan sebelumnya. Honor mereka sudah diberikan semua melalui Ketua KPPS masing-masing, dari ketua itulah semua anggota mendapatkan honor hasil kerja mereka,” terangnnya.

Nelson juga membantah honor untuk para KPPS tersebut berkisar Rp 400 ribu – Rp 600 ribu. Menurut Nelson jumlah honor para KPPS tersebut telah ditetapkan dengan jumlah Rp 250 ribu untuk ketua dan Rp 200 ribu untuk anggota. (qen)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: