Harga Patin Bisa Rp 20 Ribu Per Kg

Pasokan Anjlok Sebesar 40 Persen

RADAR PALEMBANG,IKAN-Selama tiga bulan terakhir, sektor komoditi perikanan tampaknya cukup terpukul mendalam, karena harga pakan terua mengalami kenaikan signifikan. Bahkan jenis komoditi ikan patin kini terus mengalami penyusutan pasokan hingga 40 persen, mengakibatkan semakin melambungnya harga sejak 3 bulan terakhir.

Dikatakan agen ikan patin, mujair dan gurami Pasar Induk Jakabaring Fadel, sejak tiga bulan ini, pasokan semula mencapai 2 ton lebih perhari, menyusut tinggal 1,2 ton per harinya.Sementara paskan gurami dan mujair masih normal.

Dirinya yang biasa memasok patin dari desa Air Batu MUBA dengan harga relatif murah, saat ini mulai melirik ke daerah lain seperti Blitang dan Jambi. ’’Tapi kita masih jajaki untuk Jambi dan Belitang ini, karena harga di sana lebih mahal,’’kata Fadel.

Terlebih lagi naiknya harga pakan ikan cukup tinggi, saat ini mencapai Rp 10.000-25.000 per kantong membuat para penambak ikan patin ini semakin tak segan-segan menaikkan harga. Kalau sebelum tiga bulan lalu, pihaknya membeli dengan harga Rp 6.000 per kilogram di kolam, saat ini harga ikan patin di kolam mencapai Rp 13.500 per kilogramnya.

Hampir 110 persen naiknya selama tiga bulan terakhir. “Jadi wajar bila harga ikan di pasaran bisa mencapai Rp 15.000-18.000 per kilogramnya untuk patin. Bila harga di kolam nanti tembus Rp 15.000 per kilogramnya, harga di pasaran bisa tembus Rp 20.000 perkilogram,’’bebernya.

Dibincangi pengaruh cuaca, menurutnya tak terlalu menganggu, musim hujan untuk ikan laut biasanya menurun. Tapi untuk ikan tambak seperti miliknya sejenis patin, mujair dan gurami relatif normal, namun sangat tergantung dengan pasokan bibit.

Terpisah, agen bibit ikan Tambak terbesar di MUBA Herman yang biasa memesan bibit hingga 150.000 bibit ikan per bulanya ini juga mengaku, cukup kewalahan mengatasi persoalan bibit.

’’Kita biasa memasok dari Bogor. Kalau di sana telur ikannya kosong, kita juga tak bisa memasoknya. Padahal setiap bulan kebutuhan pasokan ke pasar bisa mencapai 150.000 bibit,’’ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya belum bisa memprediksi, kapan normal kembali bibit patin tersebut. Pastinya, selain bibitnya minim, harga bibit pun naik drastic. Untuk ukuran bibit 1 Inci saat ini sudah mencapai Rp 265,- dari sebelumnya hanya Rp 240,-, untuk 2 Inci bisa mencapai Rp 400,- sebelumnya hanya Rp 200. Untuk ukuran ¾ Inci sudah mencapai Rp 125,- dari sebelumnya hanya Rp 100,-.

Sehingga keduanya sangat mempengaruhi komponen harga ikan naik diatas Rp 100 persen. Selain bibit dan kepastian pasokan, harga pakna ikan yang naik terus juga sangat signifikan menyumbang pengariuh harga ikan mencapai 30 persen.

Untuk membesarkan bibit ¾ inci mnenjadi 2 Inci saja, pihaknya bisamenghabiskan 2-3 karung pakan ikan per hari. Kalau perkarung rata-rata Rp 25.000. Sebulanya lebih kurang sudah menghabiskan dana hampir Rp 2,2 juta.

“Kita berharap pemerintah Sumsel peduli dengan program pembibitan ikan, agar ketergantungan dengan daerah lain juga bisa ditekan ,”tandas Herman.

Sementara itu, pantauan RADAR PALEMBANG terhadap ikan gabus yang merupakan salah bahan pokok untuk pembuatan pempek, kini harganya telah mencapai kisaran antara Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu perkilo. ”Memang mas, harga ikan gabus kini melonjak cukup tajam, kisarannya mencapai Rp 60 ribu,”ungkap Rusydiah, warga Prumnas Sako ketika belanja di Pasar Prumnas.

Penyebab naiknya harga ikan gabus ini dirinya tidak tahu pasti, namun demikian satu bulan yang lalu harganya sekitar Rp 35 ribu, tapi sekarang lonjakannya cukup signifikan. ”Kondisi ini saya pikir akan membuat para penjual pempek di Sumsel akan kesulitan untuk mencari ikan gabus,”ungkapnya.(ayu)

About these ads

6 Tanggapan

  1. Kami menjual bibit ikan patin ukuran 3/4″ s/d 3″ dengan harga Nego. Apabila ada yang berkenan silahkan contact 081310698781 (BAYU).

  2. saya sangat tertarik sekali dengan informasi budidaya ikan patin di SUMSEL, mohon info detail tentang budidaya ikan patin di sumsel, khususnya di kelurahan 13 Ulu Palembang

  3. Saya pengusaha patin dari Bogor, saya menjual bibit patin dari ukuran 3/4 s.d 3″ harga sangat bersaing dan terjamin kualitasnya… jika ada yang tertarik dapat menghubungi saya di 081318194678

  4. Kami adalah pengusaha patin didaerah depok, kami menjual bibit patin dari 1 inch sampai 3 inch, harga dan kualitas sangat kompeten.
    Jika anda ingin info lebih lengkap, silahkan hubungi
    Usman (081319661603)

  5. Saya pengusaha pembibitan patin dari Bogor, saya biasa menjual bibit patin ke berbagai daerah, produksi bibit ikan patin saya dalam 1 bulan mencapai 800.000 ekor / siklus dari ukuran 3/4 s.d 2″ harga sangat bersaing dan terjamin kualitasnya… jika ada yang mau bergabung hubungi saya di 081216515464 / 08568224982 or email nurdiniqbal@rocketmail.com TK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: