4 Cabup tak Hadiri Dialog

RADAR PALEMBANG, DIALOG – Dialog publik  yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Lahat  Universitas Sriwijaya (Ikamala Unsri) di Gedung pertemuan Sekda Lahat kemarin, tidak begitu menarik bagi para calon.     Terbukti, dari tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati Lahat periode 2008-2013, hanya ada tiga pasangan calon yang hadir. Sementara sisianya, tidak menampakkan batang hidungnya.


Keempat pasangan calon yang tidak hadiri itu masing-masing  pasangan nomor urut 1 H Mohd Amin Daoed SE MM-Dra Hj RR Endang DS MM, pasangan nomor 3 Drs H Safaruddin Gumay MM-Hj Nurbaiti Rahim SAg MM, pasangan nomor 5 H Saifudin Aswari Riva’I SE-Drs H Sukadi Djuadi MM, dan pasangan nomor urut 6  Drs H Akmaluddin MM-Drs H Chozali Hanan MM.
Sedangkan tiga pasangan calon yang hadir masing-masing,  pasangan nomor urut 2  Ir H Lukman Nulhakim-Pokbi Lord Exman BF SH, pasangan nomor 4 Hermanto SH MSi-Hj Zulhana, dan pasangan nomor urut 7 Mukti Sulaiman SH MHum-H Nico Fransisco SH. Dialog juga dihadiri Ketua KPU Lahat H Rasyid Padjim BA, anggota KPU Sadali serta tokoh masyarakat dan mahasiswa.
Rencananya sebagai panelis meliputi, Dr Ardian Saptawan SSi MSi (Dosen Fisip Unsri), KH Khusnudin Karim (pimpinan Ponpes Andurrahman), dan Gulana SE (pengusaha). Dari para pembicara yang diundang itu, ternyata Dr Ardian Saptawan SSi MSi yang hadir.
Salah seorang mahasiswa Unsri, Yoga  mengatakan, sangat kecewa atas ketidak-hadiran keempat cabup dan cawabup tersebut. Sehingga dinilai acara tersebut kurang begitu menarik dan tentunya tidak seru.
“Kalau mau bilang kecewa, pasti kecewa, padahal semua kandidat cabup dan cawabup Kabupaten Lahat diundang, guna mendengarkan paparan visi dan misi, atapun program yang dapat disampaikan kepada publik,” ujarnya.
Sementara itu, dalam paparan visi dan misinya pasangan Lukman Nulhakim-Pokbi Lord Exman, mengungkapkan, akan menjadikan  Kabupaten Lahat teladan dan maju, menciptakan pemerintahan yang taat hukum dan efesien, membentuk sumber daya manusia (sdm) yang sehat, kuat, dan cerdas.
Selain itu, membangun budaya masyarakat lokal dan agamais, menciptakan suasana aman, membangun perekonomian di desa dan kota yang tangguh, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat Lahat.
“Serta menjaga dan membuat kelestarian lingkungan yang sehat dan alam yang bersih, sehingga kita semua dapat menikmati dengan benar-benar fresh,” katanya dihadapan para audensi
Pasangan lainnya Hermanto-Zulhana dalam paparan visi dan misinya, lebih memperhatikan kesejahteraan rakyat masayarakat Lahat yang berkualitas. Dalam paparannya, Hermanto menyinggung masalah infrastruktur, listrik serta pendidikan yang dinilai kurang mengigit dan cenderung menjadi mainan belaka.
“Saya secara pribadi mempertanyakan masalah guru honor, bantu, dan guru honor daerah (honda) yang sampai sekarang belum diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS),” katanya.
Dikatakan, selama ini sekretaris daerah (sekda) yang mengurusi manajemen kabupaten belum sama sekali menyentuh akan kepentingan dan kepedulian masyarakat Lahat.
“Meski 63 tahun kemerdekaan, di Kabupaten Lahat belum ada infrastruktur, listrik, dan lain sebagainya pembangunan yang berarti, sehingga seluruh lapisan rakyat Lahat dapat menikmati fasilitas tersebut,” tegas Hermanto.
Hermanto menambahkan, target pada tahun pertama apabila terpilih nanti, dia bersama saudari Zulhana akan menanggarkan dana pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) bagi waga yang kurang mampu, serta intensif guru gaji di desa akan lebih diperhatikan lagi.
“Target tahun pertama kepemimpinan saya, apabila terpilih, terlebih dahulu yang akan dikerjakan yakni, menggratiskan pembuatan KTP dan meningkatkan intensif guru gaji, supaya lebih disejajarkan dengan yang lain,” ucap Hermanto seraya mengungkapkan, mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan ekonomi daerah dan memprioritaskan kebutuhan yang lainnya.
Pasangan nomor urut tujuh Mukti Sulaiman-Nico dalam paparannya menyampaikan, lebih mengedapankan tiga pokok permasalahan yang dinilainya perlu di bahas, yakni, sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.
“Dalam lima tahun kedepan, apabila terpilih nantinya akan mengutamakan tiga persoalan yang mendasar dalam mensejahteran masyarakat Lahat,” katanya. (cr01/13/jpnn)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: