Motor Produk DN Mulai Kuasai Pasar


80 Persen Kontribusi dari Daerah

RADAR PALEMBANG, MOTOR-Tak hanya motor produksi luar negeri yang diminati masyarakat, namun kendaraan produksi dalam negeri seperti tak mau kalah. Hanya saja, penjajakan pasar mereka lebih banyak di daerah.
Salah satu motor produksi Indonesia tepatnya Malang yang memproduksi kendaraan lisensi Korea, Happy Motor, mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya.

Kontribusi penjualan di level daerah mencapai 80 persen dari total penjualan.
Kepala Cabang CV Happy Palembang Motor Wagimin melalui sales Rita menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih tetap memfokuskan penjualan ke luar kota. Hal itu dilakukan selain masih ketatnya persaingan di dalam kota juga karena pangsa pasar sepeda motor yang ditawarkan lebih ditunjukan untuk kalangan menengah.
“Sama seperti dulu, kami masih lebih gencar ke daerah-daerah. Selama ini kontribusi penjualan dari daerah sudah cukup tinggi, atau 80 persen dari total penjualan kami,“ ujarnya, kemarin.
Dijelaskannya daerah yang menjadi sasaran penjualan utamanya merupakan daerah yang masyarakatnya banyak bermata pencaharian dibidang perkebunan dan pertanian seperti Ogan Ilir, Pangkalan Balai, Betung, Prabumulih, Lempuing OKI serta daerah lainnya. Harga komoditi perkebunan yang akhir-akhir ini meningkat memacu minat masyarakat untuk membeli motor.
Memasarkan sepeda motor non Jepang, sambung Rita bukan pekerjaan gampang. Karena image yang sudah melekat di masyarakat menyatakan kualitas motor non jepang tidak baik dan mudah rusak. “Ini sebenarnya yang menjadi kendala utama kami, selain promosi yang memang agak kurang, “paparnya.
Disinggung total penjualan selama pertengahan semester kedua ini, ia mengaku cukup baik namun memang angkanya tidak terlalu signifikan. ”Setiap bulan penjualan rata-rata sebanyak 40-50 unit, ” ujarnya.
Dijelaskannya, saat ini Happy motor dipasarkan dalam 7 type, yaitu empat bebek dan dua sport. Sejauh ini yang masih didominasi adalah jenis sport dengan komposisi hampir 60 persen. ”Yang paling banyak peminatnya adalah jenis sport yaitu master piece 200 cc, ”terangnya.
Selain karena memiliki tampilan yang sangat gagah, Master Piece merupakan motor yang sudah teruji kualitas mesinnya. Kendaraan ini dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau sekitar Rp 15 jutaan atau rata-rata lebih murah separuhnya dari jenis motor sejenis. Selain master piece juga ada Sporty R yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 8 jutaan, Arrow dengan harga Rp 10,5 jutaan serta type lainnya.
Untuk pembelian Rika menjelaskan, bisa dilakukan secara kredit dengan DP yang sangat terjangkau mulai Rp 1,5 jutaan. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan diskon uang muka mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu, tergantung dari jenis sepeda motor yang dibeli. Ditambahkan Rika, Happy motor bukan produk Cina melainkan produk indonesia dengan lesinsi korea. Komposisinya 20 persen korea, 80 persennya indonesia. ”Pabriknya ada di malang,” tegasnya. (ace)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: