Pilbup Lahat, Sementara Saji Menang

RADAR PALEMBANG, PEMENANG- Berdasarkan penghitungan cepat atau quick count, pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati nomor urut 5 H Saifudin Aswari A Rivai SE-Drs H Sukadi Duadji MM (Saji) berhasil unggul pada pemilihan Bupati Lahat periode 2008-2013.


Kemenangan pasangan Saji itu, diambil berdasarkan penghitungan Tim Merdeka yang tidak lain adalah tim sukses dari pasangan Saji sendiri. Dalam penghitungan yang mereka terima sampai pukul 17.00 WIB kemarin (30/10), Saji berhasil mengumpulkan sebanyak 37 persen dari  263,405 suara di Kabupaten Lahat dengan margin error sekitar 2 persen.
Berdasarkan data tersebut, pasangan Saji berada di ranking teratas dan mampu meraup suara sebanyak 37 persen, sedangkan di peringkat kedua diduduki pasangan  nomor urut 6 Drs H Akmaludin MM- Drs H Chozali Hanan MM (Akli) dengan suara sebanyak 23 persen, dan pasangan ketiga yakni nomor urut 7 Mukti Sulaiman SH Mhum- H Niko Fransisco SH (Manis) dengan suara 19 persen.
Selanjutnya pada urutan keempat dipegang pasangan nomor urut 4 Hermanto SH MSi – Hj Zulhana (Haza) dengan perolehan suara sebanyak 6 persen, kemudian disusul pasangan nomor urut 3 Drs H Safaruddin Gumay MM- Hj Nurbaiti Rahim Sag MM (Sanur) dengan suara 5 persen, sedangkan untuk nomor urut 2  Ir Lukman Nulhakim- Pokbi Exman BF SH (Si dasi biru) berada di peringkat enam dengan suara 5 persen, dan terakhir pasangan nomor urut 1 H Amin Daoed SE MM- Dra Hj Endang DS MM (AmEn) berada diurutan ketujuh dengan perolehan suara 3 persen.
Menurut Panglima Tim Merdeka Antoni, mengungkapkan seluruh suara yang masuk tersebut diambil berdasarkan hasil data perolehan pada 262 dari 672 TPS yang tersebar di 17 Kecamatan, dan sebanyak 126.000 responden dengan margin error kira-kira 2 persen. “Kita telah menyebarkan sebanyak 2.200 anggota yang terdiri dari gabungan Tim Merdeka, Partai Golkar, PBR, Demokrat, dan Tim Kerluarga,” ucapnya.
Untuk perolehan per Kecamatan, lanjut Antoni, Kecamatan yang hampir seluruh suaranya memihak pada pasangan Manis adalah Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan Tanjung Sakti Pumi, sedangkan Jarai yang mempunyai 21.040 mata pilih dari 48 Desa, 50 persennya berhasil dikuasai Hermanto-Zulhana (Haza), Kecamatan Pajar Bulan dengan 14.351 suara dari 39 Desa hampir seluruhnya dikuasai pasangan Saji, begitu pun Kecamatan Lahat Kota pasangan Saji mampu meraup sebanyak 44 persen dari 70.813 suara dalam 35 Desa.
Sedangkan Kecamatan Kikim Area (Barat, Tengah, Timur, dan Selatan), pasangan yang mendominasi adalah  pasangan nomor urut 6 Drs H Akmaludin MM- Drs H Chozali Hanan MM (Akli) dengan suara sebanyak 32 persen, disusul Saji dengan 29 persen, dan Manis dengan 18 persen suara. “Metode yang kita pakai ini adalah mendatangi TPS-TPS langsung, melalui Telepon Selular, maupun anggota kita yang datang langsung ke Posko,” beber Antoni.
Klaim kemenangan dari timses Saji ini, tidak jauh beda dengan hasil perolehan sementara yang dikeluarkan oleh KPUD Lahat. Suara sementara yang masuk ke KPUD Lahat hingga pukul 20.00 WIB, SAJI mendapat dukungan 30,15 persen (58.395 suara).
Melihat raihan suara pasangan nomor urut 5 di atas 25 persen tersebut, dipastikan Pemilukada Lahat hanya berlangsung satu putaran. Memang, kandidat lain yang maju, sementara meraih suara di bawah 25 persen.
Posisi kedua misalnya, diraih oleh pasangan nomor urut 6, Drs H Akmaludin MM – Drs Chozali Hanan MM (ACC) dengan 23,49 persen (45.508 suara). Kandidat  PPP, PDI Perjuangan, PBB, PDK, dan PKPI ini bersaing ketat dengan calon nomor urut 7, Mukti Sulaiman SH Mhum-Niko Pransisco SH
Sementara, Ketua KPU Sumsel Safitri Irwan yang juga turut memantau jalannya pencoblosan di TPS-TPS Kota Lahat mengungkapkan, Pilkada Lahat berjalan aman dan lancar sesuai yang dia harapkan, dan ia pun memprediksi hanya akan berjalan satu putaran saja.
Sebab, kata Syafitri, animo masyarakat Lahat untuk mencoblos dan menentukan pemimpinnya  dianggap cukup tinggi. Selain itu, DPT tiap-tiap TPS mampir seluruhnya memenuhi. “Biasanya jika terjadi dua putaran, ditandai dengan angka Golputnya tinggi dan antusias masyarakatnya kurang,” terang Safiti.

++ Tetap Antusias++
Pantauan RADAR PALEMBANG pagi kemarin, nampak warga Lahat cukup antusias menyalurkan hak demokrasinya. meski sebagian wilayah Kecamatan Kota Lahat diguyur hujan namun masyarakat tetap mendatangi TPS masing-masing guna memilih pemimpinnya lima tahun ke depan, sesuai dengan instruksi Gubernur Sumsel Mahyuddin untuk meliburkan pada hari Pilkada Lahat yakni kemarin, selain Instansi Pemarintahan, BUMN, BUMD, dan Sekolah, hampir seluruh aktivitas perekonomian juga turut meliburkan diri.
Terlihat juga hadir memantau perkembangan berlangsung jalannya pencoblosan di Kabupaten Lahat, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Drs Ahmad Ismail, Bupati Lahat Drs H Harunata MM, dan Kapolres Lahat AKBP Drs Cok Bagus Ary. Pada kesempatan itu, rombongan tersebut menyempatkan diri untuk melihat langsung proses penghitungan suara pada TPS 02 Kelurahan Bandar Jaya, dimana TPS tersebut juga dipakai salah satu kandidat calon yakni Mukti Sulaiman untuk mencoblos.
Terpisah, di antara ketujuh kandidat yang mencalonkan diri sebagai Bupati Lahat pada Pilkada 30 Oktober 2008, ada tiga kandidat yang tidak melakukan pencoblosan. Hal ini terkait ketiga kandidat tersebut yakni Hermanto, Safaruddin, dan Lukman Nulhakin terbentur dengan tempat mereka menetap, sehingga bukanlah termasuk warga yang namanya tercantum dalam domisili Lahat.
Namun keempat kandidat lain, yakni Mukti Sulaiman, Amin Daoed, Akmaludin, dan Aswari tetap bisa menggunakan hak suaranya di masing-masing TPS. Seperti misalnya Mukti Sulaiman yang mencoblos di TPS 02 Kelurahan Bandar Jaya, Lahat, dari 199 mata pilih dirinya hanya mampu di urutan ke dua dengan perolehan suara sebanyak 30, sedangkan nomor satu direbut pasangan Saji dengan 67 suara, ketiga pasangan Akli 25 suara, keempat Sanur dengan suara 12, dan Haza 5 suara, sedangkan “si dasi biru” dan AmiEn tanpa perolehan suara.
Namun sebaliknya, AmiEn justru memperoleh suara telak di tempat dirinya mencoblos yakni TPS IV SDLB Kelurahan Bandar Agung, Lahat, dengan suara sebanyak 111 berhasil membawa dirinya diurutan ke satu, disusul pasangan Saji dengan suara 87, ketiga pasangan Manis dengan 81 suara, “si dasi biru” di peringkat keempat dengan 49 suara, kelima Akli 45 suara, keenam Sanur 13 suara, dan terakhir Haza 12 suara saja.
Berbeda dengan Akmal, pasangan Chozali ini kemarin mencoblos di TPS VII Pasar Baru, Lahat, dari 396 mata pilih dirinya hanya di urutan kedua saja dengan suara sebanyak 85, sedangkan peringkat satu berhasil diraih pasangan Saji dengan 102 suara, ketiga Manis dengan 45 suara, AmiEn 6 suara, sedangkan urutan kelima dan keenam sama-sama dipegang pasangan “si dasi biru” dan Sanur masing-masing 4 suara, dan terakhir pasangan Haza dengan menoreh angka 2 suara saja.
Terakhir pasangan Saji, pasangan ini cukup diunggulkan di Kecamatan Kota Lahat, buktinya hasil quick count yang berhasil dihimpun sampai pukul 17.00 kemarin menunjukkan pasangan ini telah unggul dari enam kandidat lain. Di TPS 08 Jalan Cemara Kelurahan Pasar Lama, tempat ia mencoblos, Aswari berhasil meraup sebanyak 114 dari 163 mata pilih, diurutan kedua Manis dengan 13 suara, ketiga Akli 10 suara, keempat Sanur 5 suara sebab posko pusatnya tidak jauh dari lokasi pencoblosan, disusul AmiEn dengan 3 suara, kelima Haza 2 suara, dan terakhir ‘si dasi biru” dengan 1 suara saja. (cr01)

About these ads

Satu Tanggapan

  1. SELAMAT UNTUK PASANGAN SAJI, YUK ITA DOA KAN SEMOGA WARI SUKSES MEMIMPIN KABUPATEN LAHAT.
    dari jeme Padang yang pernah ke Lahat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: