Suku Hokkian Dominasi Tionghoa Palembang

Suku Tionghoa yang ada di Palembang beragam namun yang paling  dominan  adalah suku Hokkian. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai pedagang sparepart, petani dan pengrajin meubel.

HOKKIAN : Suku Tionghoa yang ada di Palembang beragam namun yang paling dominan adalah suku Hokkian. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai pedagang sparepart, petani dan pengrajin meubel.

Dari puluhan suku Tionghoa yang ada di palembang, Hokkian merupakan suku yang paling dominan. Kebanyakan mereka berprofesi sebagai pedagang sparepart, petani dan pengrajin meubel.

Harun salah seorang warga Tionghoa mengungkapkan hingga saat ini jumlah suku Tionghoa yang ada di palembang mencapai 20 suku lebih. Dari suku-suku tersebut, suku hokkian termasuk yang paling dominan disusul suku kong hu. ” Kalau tidak salah Hokkian, ” ujarnya kepada koran ini, kemarin.

Dijelaskannya, suku hokkian juga terbagi atas beberapa kelompok yang masing-masing memiliki mata pencaharian berbeda. Ada yang menjadi pedagang spare part, petani ada juga yang penjualan mabel. Sedangkan suku Kong Hu lebih banyak bermata pencaharian sebagai pedangan emas. “ Kalau yang dagang spare part biasanya suku Hokkian, kalau toko emas dari kong hu, “ ujarnya.

Meski telah hidup berbaur dan memiliki beragam profesi, namun berdagang atau menjadi pembinsis masih menjadi pilihan banyak warga Tionghoa. “Hingga saat ini sebagian besar warga Tionghoa berprofesi sebagai pebisnis atau berdagang, dulu memang banyak yang bertani, tetapi seiring dengan kemajuan zaman dan keterbatasan lahan, maka kebiasaan mereka mulai berubah, dari bercocok tanam menjadi pedagang, ” ujarnya.

Sementara itu, ketua PSMTI Sumsel Fauzi Thamrin menjelaskan hingga saat ini profesi warga Tionghoa adalah pebisnis. Hampir semua sektor dilakoni mulai dari otomotif, elektronik, rumah makan, mall atau kayu dan usaha-usaga lainnya. (ace)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: