Pedagang Ikan Hias Modal Kecil, Untung Lumayan

Ardi Saputra, pedagang ikan hias. Berawal dari iseng kini usaha itu menjadi tumpuan hidup keluarganya.

IKAN HIAS: Ardi Saputra, pedagang ikan hias. Berawal dari iseng kini usaha itu menjadi tumpuan hidup keluarganya.

Usaha penjualan beragam aneka ikan hias merupakan salah satu prosepek usaha yang lumayan menguntungkan selain itu modalnya pun sanagt minim sehingga siapapun bisa ikut menjalankan usaha ini. Menurut Ardi Saputra, hasil yang bisa diperoleh dari usaha itu cukup lumayan. Yang pasti kebutuhan keluarga dan biaya sekolah anak-anaknya bisa diambil dari keuntungan berjualan ikan hias.

Ardi mengaku, mulai menjalankan usaha itu sejak tahun 1996-an. Dulu ia merupakan seorang tukang kebun di rumah Jenderal Bambang Utoyo lalu beralih menjadi pedagang bubur kacang hijau.

Karena faktor usia yang tak memugkinkan lagi akhirnya ia beralih menjadi pedagang ikan hias dengan modal kecil-kecilan yang ia miliki, beragam aneka ikan ini didatangkan langsung dari Jakarta

Selain beragam ikan hias ia pun menjuala beragam aneka anak ikan untuk dikembangkan seperti halnya bibit ikan seperti halnya ikan nila, bawal, lele jumbo, gurame ditawarkannya mulai dari Rp 25 ribu per 10 ekor, ikan bawal Rp 10 ribu per 10 ekor dan beragam bibit ikan lainnya.

Dan untuk aneka ikan hias yang ditawarkannya pun beragam mulai dari ikan belida, ikan patin hias, ikan koi, ikan sapu jagat, ikan louhan, ikan arwana dan ikan-ikan hias lainnya yang ditawarakn dengan kisaran harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 75 ribu per ekor.

Selain itu pun juga tersedia ikan tempalo yang ditawarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000 per ekor. Dalam sehari bisa sekitar 30 ekor ikan yang terjual, tetapi itupun tak menetap bisa lebih bisa kurang. Nah, khusus di bulan Ramadhan ini dan menjelang lebaran penjualan aneka ikan hias cukup diminati pelanggan ketimbang ikan kolam.

Bicara mengenai omset dari usaha ini ia bisa menghasilkan uang perbulan sekitar Rp 1,5 juta walaupun hasil yang didapatnya tersebut impas pas-pasan saja. ‘’Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan biaya sekolah anak-anak nya tetapi baginya usaha ini sangat menguntungkan,’’ungkap warga jalan Bambang Utoyo Lorong Sianjur 3 No 28 ini disela-sela kesibukkannya melayani pelanggan. (iya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: