KPU Lapor ke Dewan

RADAR PALEMBANG, LAPOR – Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel berencana memberikan laporan tentang hasil pelaksanaan pemilukada gubernur Sumsel kepada DPRD Sumsel. Anggota KPU Sumsel, Helmi Ibrahim mengatakan, meski masih terdapat persoalan hukum terhadap hasil pemilukada Gubernur Sumsel, namun hal tersebut tak akan menghalangi KPU Sumsel untuk memberikan laporannya kepada legislatif.


“KPU Sumsel sebagai lembaga penyelengara pemilukada berkewajiban memberikan laporannya kepada DPRD Sumsel. Adapun tentang adanya persoalan hukum terhadap hasil pilgub Sumsel juga akan menjadi catataan kita dalam laporan itu,” Ujar Helmi di hubungi kemarin (15/9).
Helmi mengatakan, sebelum memberikan pelaporan tersebut ke legislatif, pihaknya akan mempelajari sejumlah data tentang proses pelaksanan pemilukada Sumsel mulai dari tahap persiapan hingga pasca hasil penetapan calon gubernur Sumsel terpilih pada 11 September lalu.
“Sebelum memberikan pelaporannya, kami masih akan membicarakan itu bersama anggota KPU Sumsel lainnya dalam rapat pleno. Materi yang akan dibicarakan dalam pleno itu termasuk membahas tentang tembusan tentang gugatan hukum yang dilakukan salah satu tim kampaye pasangan cagun cawagub Sumsel,” katanya
Beberapa item yang akan dibicarakan dalam rapat pleno KPU Sumsel meliputi inventariasai data dan tahap pemilukada gubernur, masa kampaye, pelaksanan pencoblosan, hasil pemungutan, dan perhitungan suara dan pasca penetapan hasil pemilukada gubernur sumsel.
Sesuai tahapan pemilukada Gubernur Sumsel, KPU Sumsel juga akan melakukan pembubaran PPK, PPS dan KPPS pemilukada Gubernur Sumsel sesuai dengan tingkatannya, serta melakukan evaluasi dan pelaporan serta pengawasan hasil pelaksanaan pemilu gubernur dan wakil gubernur.
Sementara Kuasa Hukum KPU Sumsel, Kemas Muhammad Amin menjelaskan, KPU Sumsel hanya sebatas memberikan pelaporan pelaksanaan pilgub Sumsel. Proses lanjutan, KPU Sumsel akan menunggu hasil putusan Mahkamah Agung tentang pengajuan gugatan hukum yang dilakukan salah satu tim kampaye pasangan calon.
“Setelah tiga hari masa pengajuan keberatan, KPU Sumsel memang akan memberikan laporanya ke Dewan, namun hasil akhir masih menunggu putusan MA, dan itu akan menjasi laporan susulan ke legislatif,” katanya. (mg16/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: