Pemkot Siap Cairkan Gaji Lebih Awal

RADAR PALEMBANG, GAJI – Rencana pemerintah pusat membayar gaji PNS lebih cepat yaitu pada tanggal 25 September,  karena gajian bulan Oktober bertepatan dengan libur Idul Fitri, ditanggapi positif.
Bagi Pemkot Palembang,  kebijakan tersebut bukan suatu masalah, karena gaji PNS tersebut sudah ada di kas Pemerintah Kota Palembang.  Hanya saja, sampai saat ini pemkot belum mendapatkan surat resmi dari pemeritah pusat prihal kapan pembayaran gaji tersebut.

“Biasa-biasanya, jika kondisi seperti sekarang ini, pemerintah pusat mengirimkan faks dulu ke kita memberitahukan bahwa pembayaran gaji PNS dimajukan. Namun, sampai sekarang belum ada faks tersebut, tapi kita berharap dalam satu dua hari ini faks tersebut tiba,”ucap Marwan Hasmen, sekretaris Daerah Kota Palembang, kemarin.
Memang sih, sambung Marwan, ada  instruksi dari pemerintah pusat  yang ia ketahui Sabtu (13/9) lalu melalui media yang disampaian oleh menteri   keuangan  Sri Mulyani Indrawati. “Namun, itu kan baru pernyataan lisan di media,  belum ada pernyataan tertulis. Tapi walau demikian, jika sudah ada faksnya akan langsung kita kucurkan,”kata Marwan.
Sebagaimana yang di informasikan sebelumnya bahwa menteri keuangan Sri Mulyani Indarwati sudah meminta Dirjen Perbendaharaan dan Dirjen Anggaran, agar gaji PNS untuk lebaran dimajukan tanggal 25 September. Kebijakan tersebut menurut Menkeu sudah ia konsultasikan dan disetujui presiden.
Menkeu menambahkan, pemerintah membutuhkan dana per bulan Rp 18 triliun untuk membayar gaji PNS, termasuk yang melalui mekanisme Dana Alokasi Umum (DAU). Pembayaran DAU Oktober juga akan dimajukan pada 25 September. Dengan demikian, PNS Daerah juga bisa menikmati gaji Oktober lebih awal. ”Kami sudah siapkan semua sekitar Rp 18 triliun,” kata Sri Mulyani.(sep)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: