Rezeki Ketupat Jelang Lebaran

RADAR PALEMBANG, KETUPAT-Sepintas terlihat mudah, tetapi kenyataannya belajar merangkai daun janur untuk dijadikan ketupat ternyata memakan waktu yang cukup lama. Karena untuk menghasilkan bentuk ketupat yang bagus, memang dibutuhkan keuletan serta kesabaran. Begitulah penuturan Husna, salah seorang pembuat ketupat disini ketika diwawancarai, kemarin.

Usaha pembuatan ketupat ini adalah usaha turun temurun dari orang tua bahkan dari nenek. Begitu pula dengan dirinya. Dari kecil ia sudah diajarkan untuk merangkai ketupat. “Cukup memakan waktu untuk belajar membuat ketupat. Tapi berkat keuletan akhirnya saya mampu melanjutkan usaha ini,”jelasnya.
Usaha ini setiap tahun dilakoninya terutama di saat menjelang Lebaran, per hari ia bisa menghasilkan sekitar 100 hingga 200 buah ketupat yang siap dijemur dan dijual dengan kisaran harga Rp 3.000 hingga Rp 4.000 per 10 buah ketupat.
“Setengah bulan menjelang Lebaran, kurang lebih sekitar 10 ikat daun janur yang dibelinya seharga Rp 7.000 per ikat per ikat daun janur bisa menghasilkan sekitar 200– 300 ketupat sehingga untuk satu bulan ketupat yang terjual bisa mencapai 2000 hingga 3000 ketupat, “sambungnya yang berdomisili di Jalan Faqih Usman I Ulu Laut.
Kalaupun momen Lebaran sudah habis tetapi ketupat yang dibuatnya masih tetap diminati. Sesekali konsumennya tetap ada, walaupun bukan di hari Lebaran. Jadi ia tak perlu was-was membuat ketupat sebanyak mungkin. Bahan baku ketupat yang dibuatnya pun bukan asal-asalan, daun yang digunakan adalah daun khusus yaitu daun janur bukan daun kelapa sehingga hasilnya lebih bagus dan cantik. (iya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: