Semua Calon DPD Lulus Verifikasi

RADAR PALEMBANG, LULUS – Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU Sumsel terhadap berkas calon anggota DPD RI, semuanya dinyatakan lulus. Selanjutnya, sebanyak 43 nama tersebut akan ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS).
”Hari ini saya bantu Ibu Mis (Mismiwati Pokja Verifikasi Calon DPD, red) untuk menuntaskan verifikasi administrasi dan faktual para calon anggota DPD RI. Hasilnya, dari verifikasi yang kami lakukan secara umum semua nama yang ada dapat dikatakan lulus,” tegas Anggota KPU Sumsel Ahmad Bakri kemarin (15/9).

Dengan lulusnya para calon anggota DPD RI tersebut sambung Bakri, pihaknya akan mengirimkan berkas yang ada ke KPU Pusat. Sebab sesuai dengan batasan waktu seharusnya minggu kemarin semua berkas harus sudah dikirim ke pusat.
”Tetapi kami sudah kontak KPU Pusat menjelaskan masalah yang ada. Mereka memaklumi kalau kami terlambat dengan alasan sedang sibuk menggelar pemilukada gubernur dan wakil gubernur Sumsel,” sambung Bakri.
Dipusat imbuh Bakri, KPU akan menetapkan ke 43 calon yang ada kedalam daftar calon sementara (DCS). Dari DCS, jelas Bakri akan dilanjutkan dengan uji publik. Caranya nama-nama yang lolos ini akan diumumkan ke masyarakat. ”Nanti semua akan kami umumkan untuk mendapat sanggahan dari masyarakat,” tegasnya.
Disaat uji publik ini ujar Bakri masyarakat berhak untuk memberikan masukan terhadap DCS yang ada. Dari masukan yang ada KPU Sumsel akan melakukan klarifikasi terhadap masukan yang ada. Jika ditemukan bukti yang kuat bukan tidak mungkin yang bersangkutan akan dicoret dari DCS.
”Misalnya ada yang terkait dengan tindakan kriminal. Lalu ijazah palsu. Kalau memang terbukti maka kami bisa mencoretnya dari DCS. Sehingga saat ditetapkan menjadi DCT (daftar calon tetap), nama mereka tidak ada lagi,” ujarnya.
Menyinggung kapan hasil verifikasi faktual dan administrasi ini akan dilaporkan, Bakri menegaskan masih akan menggelar rapat pleno terlebih dahulu. ”Kami masih menunggu ketua KPU dan anggota lainnya. Kalau mereka sudah ada maka secepatnya kami menggelar rapat pleno. Setelah itu baru hasilnya kami kirim ke KPU pusat, sebab toleransi yang diberikan oleh KPU pusat pada minggu ini semua berkas harus sudah diserahkan ke pusat,” tukasnya. (rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: