50 Persen Parpol Belum Penuhi Kuota Perempuan

RADAR PALEMBANG, KUOTA – Amanat undang-undang agar partai politik (parpol) mengakomodir keterwakilan perempuan sebesar 30 persen ternyata tidak terlaksana. Terbukti, sebanyak 50 persen parpol peserta pemilu legislatif belum mampu memenuhi 30 persen kuota perempuan.
“Hari ini (kemarin, red) adalah batasan akhir pengembalian berkas caleg yang berkasnya kami kembalikan. Setelah tiga hari, kami memberikan waktu untuk melengkapi berkas mereka,” tegas anggota KPU Sumsel, Helmi Ibrahim, kemarin (16/9).
Dikembalikannya berkas caleg, sambung Helmi, bukan dikarenakan persyaratan yang sifatnya substansial. Kalau pun ada syarat yang kurang, hanya kelengkapan saja. Misalnya, ada yang meterainya kurang. ”Jadi, bukan terkait dengan syarat utama,” tegasnya.
Selanjutnya, jika semua sudah dikembalikan, maka KPU Sumsel akan mengecek ulang kelengkapan yang ada. Hasilnya, KPU Sumsel akan mengirimkan ke KPU pusat untuk ditetapkan menjadi daftar calon sementara (DCS).
Sementara itu, Ketua KPU Sumsel Syafitri Irwan atau yang biasa disapa dengan Iwan mengungkapkan, ada satu syarat yang tampaknya sulit dipenuhi oleh para parpol. Yaitu kuota 30 persen alokasi keterwakilan perempuan dalam daftar yang diserahkan.
”Hampir 50 persen parpol tidak memenuhi kuota 50 persen keterwakilan perempuan. Tak hanya jumlah, dalam penyusunannya pun belum mematuhi undang-undang. Kan dalam undang-undang diisyaratkan dalan nomor urut 1, 2, 3, satunya ada perempuan,” tegas Iwan.
Akan tetapi, ternyata ini pun tidak dipatuhi. Namun diharapkan dalam jeda perbaikan yang telah diberikan parpol bisa memperbaikinya. Sebab KPU Sumsel sudah meminta kepada parpol untuk memenuhinya.
Bagaimana kalau ternyata tidak dilaksanakan? Iwan mengatakan, kalau dalam undang-undang tidak ada aturan yang tegas terkait sanksi. Hanya saja, biarkan masyarakat yang memberikan sanksi moral kepada parpol yang melanggar undang-undang.
”Yang jelas, masalah ini tidak hanya di Sumsel saja. Semua provinsi persoalannya sama saja. Banyak yang tidak memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30 pesen perempuan,” tukasnya.(rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: