Bencana Menjelang Buka

Puting Beliung Hancurkan Satu Kecamatan

RADAR PALEMBANG, LAHAT – Belum lama dikejutkan dengan gempa berkekuatan 5,6 SR, kembali warga Lahat mendapatkan musibah berupa bencana angin puting beliung yang memporak-porandakan tujuh desa di Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat, pukul 17.20 WIB, kemarin (15/9).
Kuatnya gulungan angin mengakibatkan satu orang warga ikut terjepit bangunan rumahnya yang roboh, 42 rumah rusak berat, dan 54 rusak ringan bagian atapnya. Korban tertimpa tersebut adalah Cikma (70), warga Desa Pagar Alam Kecamatan Pagar Gunung yang ketika rumahnya roboh dirinya sedang memasak di dapur untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa, dan hingga saat ini Cikna masih mendapatkan perawatan intensif.

DATA KERUSAKAN
1.    Desa Sawah Darat 13 rumah rusak berat bagian atap dan 8     rusak ringan
2.    Danau 2 rumah tertimpa batang pohon dan 9 rusak ringan
3.    Kupang 7 rusak berat dan 6 rusak ringan
4.    Padang 8 rusak berat dan 12 rusak ringan
5.    Rimba Sujud 6 rusak berat dan 4 rusak ringan termasuk     bangunan SDN 03
6.    Pagar Alam 3 rumah roboh dan 13 rusak ringan
7.    Batu Rusa 3 rusak berat dan 2 rusak ringan
Total 96 Rumah
Diperoleh keterangan, terdapat tujuh desa yang mengalami kerusakan cukup berat yakni Desa Sawah Darat 13 rumah rusak berat bagian atap dan 8 rusak ringan, Danau 2 rumah tertimpa batang pohon dan 9 rusak ringan, Kupang 7 rusak berat dan 6 rusak ringan, Padang 8 rusak berat dan 12 rusak ringan, Rimba Sujud 6 rusak berat dan 4 rusak ringan termasuk bangunan SDN 03, Pagar Alam 3 rumah roboh dan 13 rusak ringan, dan Batu Rusa 3 rusak berat dan 2 rusak ringan.
Menurut Camat Pagar Gunung Yusri, diperkirakan setidaknya ada 96 rumah warga yang rusak akibat kuatnya angin termasuk yang roboh dan tertimpa pepohonan, sedangkan korban meninggal tidak ada hanya satu yang terjepit bangunan sebab rumahnya ikut roboh. Selain itu, lanjutnya, angin puting beliung juga merusakkan atap bangunan SDN 03 di Desa Rimba Sujud hingga sedikit mengganggu aktivitas anak-anak belajar.
Yusri menambahkan, seluruh korban yang rumahnya mengalami kerusakkan berat untuk saat ini diungsikan kepada keluarga dan tetangga sekitar yang rumahnya selamat dari musibah ini. Dia menghimbau agar seluruh warga yang rumahnya ikut menjadi korban, dapat melapor kepada kepala desa masing-masing agar pendataan dan pemberian bantuan dapat segera tersalurkan.  (cr01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: