Drive Test Telkomsel di Jalur Mudik

Jakarta-Merak-Bakauheni-Lampung

RADAR PALEMBANG, SIAP – Telkomsel siap memberikan kenyamanan berkomunikasi pada musim mudik 2008, yang kemarin (16/9) Telkomsel mulai melakukan drive test kesiapan jaringannya di jalur mudik Jakarta-Merak–Bakauheni-Bandar Lampung. Drive Test ini merupakan bagian dari rangkaian Drive Test Telkomsel di jalur mudik terpadat di sepanjang jalur Sumatera, Jawa, dan Bali.
Di jalur mudik utama sepanjang Sumatera-Jawa-Bali, Telkomsel telah menggelar jaringan 3G serta menghadirkan layanan video surveillance di titik-titik rawan kemacetan. Melalui layanan ini masyakat dapat memantau keadaan lalu lintas di 13 titik mudik strategis, seperti Bakauheni, Merak, Ciawi, Cianjur, Sadang, Simpang Pasteur, Cileunyi, Nagrek, Cikopo, Kanci, Semarang, Ketapang, dan Gilimanuk.
Untuk memastikan kesiapan jaringan, Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja  bersama 35 wartawan melakukan pengecekan langsung di jalur mudik Jakarta-Merak-Bakauheni-Lampung termasuk di perjalanan kapal laut Merak – Bakauheni. Pengecekan ini dilakukan dengan alat khusus Drive Test Monitoring Radio Cellular Performance yang dapat menampilkan performansi jaringan dari sisi ketersediaan sinyal dan kualitas jaringannya.
Bahkan rombongan juga berkesempatan mencoba layanan mobile wallet T-Cash, dengan melakukan belanja di Indomaret di Bandar Lampung. Di sepanjang Lampung-Jawa-Bali pelanggan dapat melakukan transaksi digital T-Cash di sekitar 1.200 gerai Indomaret.
“Sebagai service leader, penyiapan berbagai elemen jaringan untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan khususnya yang melakukan mudik merupakan hal yang utama dan menjadi salah satu agenda utama tahunan Telkomsel,” ungkap Kiskenda. Bahkan untuk periode mudik 2008 kali ini Telkomsel telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya secara cukup signifikan dibanding tahun 2007 lalu.
Semua elemen jaringan yang telah dipersiapkan tersebut telah diperhitungkan secara matang berdasarkan berbagai data tren yang terjadi di tahun 2007 lalu, yang diakibatkan adanya pergerakan jumlah pelanggan dan perubahan trafik komunikasi khususnya yang terjadi di berbagai kawasan jalur mudik.
Dari data tahun 2007 jumlah pelanggan yang menggunakan jaringan Telkomsel di Padang melonjak 43,07%, Sumatera Selatan naik 40,72%, Jawa Barat naik 30,42%, Jawa Tengah naik 29,49%, Jawa Timur naik 35,18%, Bali Nusra naik 40,15%, Kalimantan naik 42,75%, dan Makassar naik 39,58%. Trafik komunikasi pun rata-rata melonjak 40%-85% dibanding saat normal sehari-hari. Sedangkan di Jabotabek terlihat sekitar 23,05% pelanggan melakukan mudik ke kampung halaman, tetapi trafik komunikasi hanya menurun 11,43%.
Perpindahan pelanggan saat mudik dari suatu kawasan ke tujuan mudik yang terlihat dari data tahun 2007 tersebut — telah diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan — di mana di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa telah disediakan kelonggaran kapasitas tampung pelanggan sebesar 35%-45% sesuai kebutuhan masing-masing kawasan, seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas sekitar 33%, Jawa Tengah 30%, dan Jawa Timur 35%.
Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi EFR (Enhanced Full Rate) yang bisa meningkatkan kapasitas handling trafik komunikasi menjadi 2 kali lipat, di mana didukung oleh teknologi AMR (Adaptive Multi Rate) yang menghadirkan Speech Quality Index pada teknologi EFR. Hal ini menjadikan pelanggan dapat berkomunikasi tanpa putus di jalur mudik Sumatera-Jawa-Bali-Nusa Tenggara serta meningkatkan call completion rate (kontinuitas komunikasi) menjadi 99,5% (world class standard).
Sedangkan untuk memberikan kenyamanan ber-SMS terutama untuk mengucapkan “Selamat Hari Raya dan mohon maaf lahir batin”, Telkomsel telah mengantisipasinya dengan melakukan penambahan kapasitas SMS menjadi 47.100 SMS/detik atau berkemampuan melayani sekitar 4 miliar SMS/hari. Peningkatan kapasitas ini untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang diperkirakan paling tidak sama dengan tahun lalu yakni melonjak sekitar 2 kali lipat dari trafik SMS di hari normal di mana saat ini rata-rata mencapai 300 juta SMS/hari. (iya/rel)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: