Perusahaan Wajib Lapor THR

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – Selain dalam menyambut lebaran, kali ini perusahaan diwajibkan memenuhi hak karyawan untuk mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Perusahaan juga diwajibkan memberikan laporan mengenai telah selesainya pembayaran THR itu kepada Disnaker Muara Enim yang selanjutnya akan dilaporkan kembali kepada Bupati Muara Enim. Bagi perusahaan yang sengaja tidak mengindahkan imbauan tersebut akan diberikan teguran.
“THR itu paling lambat H-7 sebelum lebaran harus sudah dibayarkan, besarannya satu bulan gaji. Selain itu perusahaan juga diwajibkan memberikan laporan ke kita, dari sana nanti kita akan laporkan berapa perusahaan yang tidak membayarkan THR pada lebaran kali ini untuk karyawannya pada Pak Bupati, dan laporan itu kita minta paling lambat akhir Oktober ini,” ungkap Kadisnaker Muara Enim Teguh Jaya, kemarin.
Menurut ia, dari laporan itu akan diketahui perusahaan yang benar-benar menjalankan kewajibannya untuk memenuhi hak karyawan masing-masing. Teguh mengatakan untuk Kabupaten Muara Enim sendiri, diperkirakan sebanyak 280 perusahaan telah dikenakan wajib membayarkan THR bagi karyawannya.  Bila nanti masih ada perusahaan yang tidak membayarkan THR ini, maka pihaknya sendiri tidak segan-segan akan memberikan teguran.
“Kita berikan teguran, dan kalau ada karyawan yang melapor itu namanya perselisihan dalam perusahaan itu, tentu saja akan kita mediasi nanti. Di sinilah kita minta peran aktif dari karyawan perusahaan, jikalau nanti ia tidak mendapatkan THR segera melapor. Jadi mulai tanggal 1 September 2008, perusahaan itu diwajibkan melaporkan pembagian THR dan batas akhirnya tanggal 1 Oktober 2008. Yang pasti kalau ada perusahaan yang tidak membayarkan akan berikan surat teguran dan kita tembuskan ke Menteri Tenaga Kerja langsung,”  katanya. (yan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: