PITI Bakal Bentuk Panitia Penerima Zakat

Walaupun telah resmi menjadi muslim, masih banyak warga etnis yang tetap mempertahankan tradisi leluhur. Seperti memasang pernak pernik Imlek saat lebaran hingga mengkonsumsi makanan khas Cina yang tentu saja tidak haram. Namun begitu secara umum tradisi mereka sama dengan umat muslim lainnya.
Ketua PITI Sumsel H A Afandi mengungkapkan secara umum tradisi yang dilakukan umat muslim Tionghoa selama Ramadan sama dengan umat muslim pada umumnya.  Di bulan Ramadan ini mereka juga melaksanakan puasa, tarawih hingga kegiatan berbuka puasa bersama.
”Sama saja tidak ada bedanya, dengan umat muslim lain, semua kegiatan yang dilakukan umat muslim lain juga dilakukan oleh umat muslim Tionghoa,” ujar pria yang akrab dipanggil Haji Didi ini ramah.
Untuk buka puasa dilakukan setiap hari. ”Kalau berbuka puasa sudah kita lakukan setiap hari di masjid Cheng Ho, yang hadir bukan hanya muslim Tionghoa tetapi juga muslim lain yang ada disekitar masjid, jadi berbaur, ” paparnya.
Selain itu, menjelang Lebaran ini, PITI juga akan membentuk panitia penerima zakat fitrah. ”Saat ini sedang dipersiapkan, agar segala sesuatu dapat berjalan dengan baik, ” tegas Afandi.
Disinggung tentang jenis makanan selama Ramadan, ia mengaku tidak jauh berbeda dengan umat muslim lainnya.
”Namanya selera, antara satu dengan yang lain kan beda-beda, Namun secara umum hidangan berbuka puasa yang konsumsi selama Ramadan tidak berbeda dengan hidangan yang dikonsumsi masyarakat umum lainnya,” paparnya seraya menjelaskan kalau menu untuk buka puasa sedapat mungkin berbuka puasa dengan yang manis-manis sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. (ace)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: