Bank Tingkatkan Pengamanan ATM

RADAR PALEMBANG, AMAN – Kebutuhan masyarakat terhadap dana cash menjelang lebaran ini dipastikan meningkat. Pengisian dana di mesin ATM ditambah perbankan hingga dua kali lipat. Otomatis, kebutuhan pengamanan juga harus ditingkatkan.
Meski pengamanan lebih diperketat, namun kebanyakan bank tidak menggunakan aparat kepolisian untuk bertugas menjaga. Petugas keamanan serta karyawan piket yang lebih dioptimalkan. ”Kami akan berusaha menjaga kenyamanan nasabah. Selain dari sisi keamanan, mesin juga akan senantiasa kami jaga dananya supaya tidak kehabisan,” ujar Kepala Operasional BCA Palembang Herman Chandra, kemarin.
Total mesin ATM yang tersebar di Palembang mencapai 60 unit, sebagian diantara mesin tersebut dioperasikan selama 24 jam misalnya mesin ATM di BCA Cabang A Rivai. Dana dalam ATM inilah yang senantiasa dijaga stabilitasnya dengan sistem komputerisasi oleh petugas piket. ”Tidak seluruh mesin kami operasikan 24 jam tergantrung faktor keamanannya.”
Kebutuhan dana saat dekati lebaran nanti akan meningkat sekitar 30 persen dari kondisi normalnya, puncaknya akan terjadi pada H-4. Kemudian selepas itu, dana yang keluar drai bank akan kembali setelah lebaran. Utamanya ketika perbankan operasional kembali 6 Oktober mendatang. Saat masa setoran tersebut, dana bakal meningkat hingga 50 persen.
Monitoring keamanan juga ditingkatkan Bank Mandiri khususnya untuk mesin-mesin ATM yang terletak di public area. Bank pelat merah ini membentuk tim security sendiri yang setiap hari akan memantau kondisi mesin. ”Tidak ada kerjasama dengan polisi tapi bersama pengelola di lokasi tempat ATM berada,” tutur Kepala Bank Mandiri Wilayah 2 Djoko Warsito melalui Manajer Pemasaran Adyataman Surayawan.
Seluruh mesin ATM Bank Mandiri yang ada di Palembang akan disiapkan selama 24 jam. Petugas dalam anggota tim khusus sudah mulai berjaga secara bergiliran. Tidak hanya untuk pengamanan, melainkan mengisi dana dalam mesin ATM. Dekati lebaran pengisian mesin akan naik 3-4 kali dalam satu hari, sementara sebelumnya hanya 1-2 kali pengisian saja perhari. Total dana yang disiapkan bank tersebut selama enam hari libur lebaran (29 September-6 Oktober), lebih dari Rp 90 miliar bagi 53 mesin ATM di Palembang.
Pengamanan mesin ATM merupakan tujuan utama Bank Bukopin Palembang. Tak hanya mesin ATM yang dijaga melainkan penjagaan seluruh kantor cabang selama libur seminggu mendatang akan dioptimalkan.
Jika hari biasa bank hanya dijaga satu sampai dua orang, saat libur lebaran penjagaan bisa sampai tiga orang da itu melibatkan aparat kepolisian. ”Kami juga ada membentuk duty manager yang tugasnya melihat dan mengawasi situasi setiap saat,” ungkap Manajer Operasional M Bagus Irawan S.
Pengisian mesin ATM selama libur lebaran untuk tujuh mesin ATM Bukopin mencapai Rp 3 miliar. Rencananya mesin akan diisi satu kali saja, terutama pada tanggal 29 September (hari pertama libur aktifitas perbankan).(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: