Banting Stir Tekuni Kerajinan Tangan

RADAR PALEMBANG, KERAJINAN–Berawal dari coba-coba, akhirnya jadi menyukai pekerjaan satu ini. Mantan pegawai suplayer ini, akhirnya banting stir dengan membuka usaha sendiri dengan membuat berbagai jenis perabotan yang terbuat dari tanah liat seperti celengan ayam, celengan semar, pot bunga, piring untuk pecel lele dan kompor untuk masak dengan menggunakan arang.
Berkat keahliannya inilah sudah kurang lebih satu tahun terakhir ini ia melakoni usaha seperti ini. Dengan hanya untuk berdagang sendiri, ia memajangkan hasil karyannya ini di sepanjang pinggiran jalan Sultan Syaril. Dibantu anak dan istrinya, ia berusaha untuk memajukan usahanya.
Walau hanya menjual hasil karyanya di pelosok kota, namun ia tetap optimis dalam penjualannya. Dengan harga yang berpariasi ditawarkam yakni berkisar dari harga Rp 5000 hingga mencapai Rp 50 ribu. Bagi pengerajin yang satu ini pendapatan per hari yang tak menentu bagi dirinya tidak jadi masalah. Yang terpenting ia masih dapat berusaha semaksimal mungkin.
“Saya dahulu tidak tahu kalau bakal jadi seperti ini. Kalau dulu saya selalu berpakaian rapi dengan baju yang selalu bersih, sekarang tidak lagi. Sekarang ini kotor karena bergelut dengan tanah dan arang,”kata Rudi, pengerajin keramik yang terbuat dari tanah.
Rudi tidak pernah mengeluh sedikitpun. “Pekerjaan ini saya lakukan untuk menghilangkan waktu kosong saja, karena saat ini juga ke delapan belas anak-anak saya sudah pada dewasa dan menikah. Jadi kalau untuk tuntutan hidup tidak ada karena semuanya telah mereka penuhi,”ujar bapak dari delapan belas anak ini sambil tersenyum.
Selain membuat kerajinan tersebut, sambung Rudi, ia juga menggabungkan bisnis kerajinan tangannya itu dengan menjual arang dan peralatan lain seperti pipa ledeng. “Sekarang ini saya optimis dengan apa yang saya tawarkan. Yakin pasti ada masyarakat yang mencari barang-barang ini,”ujarnya.(vie)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: