Jelang Lebaran, Satlantas Rutin Razia

awa-rdr)

RAZIA: Personel Polsek OKU Timur memeriksa kelengkapan surat pengendara. (f:awa-rdr)

RADAR PALEMBANG, MARTAPURA – Menjelang lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres OKU Timur rutin menggelar razia di beberapa titik yang ada di Kota Martapura. Dalam sepekan ini saja setidaknya sudah lebih dari tiga kali Satlantas menggelar razia yang difokuskan pada kendaraan roda dua.

Razia dilakukan baik siang maupun malam hari, dimana setiap motor yang melintas langsung distop untuk diperiksa kelengkapan surat menyurat dan kelengkapan kendaraan lainnya. Bahkan pada saat razia dimalam hari pun, seluruh pengendara motor yang kedapatan tidak menggunakan helm langsung distop dan ditilang. Ironisnya umat muslim yang baru saja pulang solat tarawih pun langsung distop dan diperiksa surat-menyuratnya.
Hal ini tentu saja menjadi cemoohan masyarakat yang melintas, karena mereka harus kena tilang hanya karena tidak menggunakan helm di malam hari. “Aku keluar cuma nak beli nasi goreng, tapi pas di depan Polsek keno tilang. Alasannyo dak pake helm, padahal jarak rumah aku dengan tempat nasi goreng cuma beberapa kilo,” gerutu seorang warga yang kena tilang saat melintas di depan Polsek Martapura.
Hasil dari razia tersebut, setidaknya ratusan motor yang tidak dilengkapi surat-menyurat dan tidak memakai atribut lengkap seperti helm dan kaca spion langsung diamankan ke Mapolres OKU Timur. Pantauan koran ini pada Sabtu malam (20/9), tidak hanya masyarakat umum yang terkena razia tersebut, sejumlah anak pejabat di lingkungan Setda OKU Timur pun tak luput dari razia.
Mereka yang kena tilang, selanjutnya akan disidang di Pengadilan Negeri Martapura. Menurut KBO Lantas Polres OKU Timur Iptu Ardan, razia yang digelar tersebut dalam rangka mengurangi angka kecelakaan lalulintas di OKU Timur, dimana rata-rata kecelakaan yang terjadi seringkali akibat kelalaian pengendara tidak mematuhi peratutan lalulintas dan tidak menggunakan atribut lengkap.(awa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: