Koperasi Kepemudaan Sumsel Terbentuk

Salurkan Bea Siswa Rp 500 Juta Pertahun

RADAR PALEMBANG,KOPERASI-Untuk melakukan kaderisasi anggota koperasi di Sumsel. Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) kini membentuk wadah khusus badan koperasi Kepemudaan yang siap memback up system penyelenggaran koperasi di Sumsel ditargetkan mampu tumbuh diatas  7 persen pertahun.
Tak hanya itu saja, upaya lain ditempuh oleh Dekopin untuk mematangkan pemaham pemuda terhadap koperasi, juga menyadiakan alokasi dana Rp 500 juta per tahun untuk beasiswa bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN).


Menurut keterangan ketua Dekopin Sumsel Munajian SE didampingi sekretaris Kms Idham mengatakan, program bea siswa ini untuk jenjang D3 dan S1 di IKOPIN. ‘’Jadi yang berminat kita buka pendaftaranya di DEKOPIN Sumsel atau melalui surat ditujukan ke Rektorat IKOPIN u.p Bagian Humas/Pendaftaran, d.a Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor –40600 telp 022-7794444 atau fax 022 7796033,’’kata Munajiah.
Namun untuk pendaftaran tahun 2008 baru selesai ditutup (20/9) kemarin, meskipun untuk tahun berikutnya, masih terus dibuka secara umum, untuk dilakukan konfirmasi dan konsultasi ke alamat tersebut.
Fasilitas bea siswa ini diharapkan bisa meneluarkan kader berbasisi koperasi yang kuat. Sehingga tak terjadi degradasi lembaga atau kulaitaskoperasi mendatang. Apalagi perkembangan koperasi di Sumsel sudah diatas rata-rata nasional 7 persen. ‘’Dengan kaderisasi bagus, Sumsel menargetkan koperasi bisa tumbuh hingga 9 persen di tahun depan,’’ungkapnya.
Oleh sebab itulah, pembentukan wadah koperasi kepemudaan di sela-sela acara pendidikan latihan anggota koperasi di Hotel Ratu Agung kemarin. Diharapkan mampu menjembatani kepentingan para pemuda yang bisa diserap untuk mengembangkan koperasi.
Sejauh tingkat pertumbuhan koerasi pemuda notabene ada di Perguruan Tinggi, sekolah dan organisasi kepemudaan masih sangat minim. Diperkirakan hanya mencapai sekitar 10 persen dari total koperasi Sumsel mencapai 4.000 lebih unit koperasi.
Ungkapan senada juga dilontarkan oleh Ketua Badan Komunikasi Pemuda Koperasi Indonesia Sumsel Sri Ria Novariani, program pendidikan koperasi khusus pemuda ditargetkan mampu mendirikan minimal 1 koperasi pemuda di setiap desa, untuk merangkul aktivitas pemuda di wilayah tersebut.(ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: