Panwaslu Harus Pasang Kuda-kuda

RADAR PALEMBANG , PILBUP- Selama masa pencalonan calon bupati-calon wakil bupati (cabub-cawabub)  Lahat, panitia pengawas pemilu (panwaslu) setempat harus pro aktif.
Hal itu penting, mengignat telah banyak terjadi perselisihan yang sampai saat ini terus berlanjut. Mulai proses penjaring dukungan untuk calon independen, perebutan dukungan parpol, tumpang tindih perahu parpol yang tidak jelas, sampai aksi demo yang marak terjadi. Sepantasnya panwaslu jika mulai sekarang harus pasang kuda-kuda.


“Disayangkan tentunya, ketika tahapan Pemilukada Lahat telah memasuki fase-fase kritis, Panwaslu Pilkada Cabup-Cawabup Lahat baru dibentuk dan dilantik,’’ kata Ketua Panwaslu Sumsel Rustam Ismail melalui Wakil Ketua Rasyid Maratim, di ruang pertemuan Pemkab Lahat, kemarin.
Rasyid menegaskan itu, disela-sela pelantikan Panwaslu Lahat, kemarin. Pelantikan sendiri menyesal dikeluarkannya  SK Panwaslu Provinsi Sumsel nomor 087/Panwaslu.SS/IX/2008 tanggal 08 September 2008 perihal pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dengan memilih tiga anggota   kepengurusan lama Panwaslu Pilgub Sumsel, yakni Hesniaty SAg M hum, Drs Alfian Santosa, dan Fayami Tomi SE.
“Kinerja Panwaslu yang dinilai masyarakat kurang tanggap atas tahapan yang sedang berlangsung  ini, semoga saja dapat ditepis seiring terbentuknya keanggotaan yang baru saja kita sahkan tadi. Untuk Panwaslu sendiri, melalui integritas dan moral tinggi diharapkan mereka ini tidak terpengaruh, indefendent, dan tidak mudah diintimidasi oleh pihak atau golongan,” timpal Rasyid.
Ketua Panwaslu Lahat terpilih Hesniaty SAg, menuturkan,  sebelumnya mereka tidak ada kewenangan yang sah untuk mengawasi dan menyelesaikan temuan pelanggaran pada tahapan penyelenggaran Pilkada Lahat, sebab keanggotaan mereka masih berdasarkan kepanitiaan Panwas Pilkada Sumsel sedangkan SK Panwas Pilkada Lahat belum diterima.
“Dengan telah terbitnya SK itu, kami akan segera menyelesaikan temuan dan laporan sengketa penyelenggaraan yang tidak mengandung unsur tindak pidana, sedangkan yang ada unsur pidananya akan kami teruskan ke pihak berwenang,” pungkasnya. (cr01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: