Protfolio Tak Dongkrak Harga Komoditas

Guncangan di pasar keuangan belum akan mendorong naiknya harga-harga komoditas. Kondisi tahun ini diperkirakan tidak akan sedramatis tahun 2007, di mana investor beramai-ramai memindahkan portofolio dari pasar finansial ke komoditas.
Menteri Keuangan yang juga Pelaksana Tugas Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hal itu di Jakarta, akhir pekan lalu. ”Pada 2007 terjadi eskalasi dan kompetisi dengan komoditas subtitusi minyak. (Tahun ini, Red) tidak sedramatis 2007, di mana komoditas seperti jagung, kedelai, gandum, naiknya hampir dua kali lipat. Itu mungkin tidak akan terjadi lagi,” kata Sri Mulyani.


Di tengah ketidakpercayaan terhadap portofolio surat berharga, komoditas emas masih akan menjadi incaran. Namun menurut Menkeu, tekanan permintaan terhadap emas tidak akan melebar ke komoditas lain, termasuk minyak. Dia berpendapat, harga minyak keseimbangan baru akan berada di kisaran USD 100 per barel.
Menkeu berpendapat, dengan kondisi seluruh dunia mengalami perlambatan ekonomi, tidak ada alasan harga minyak bergerak terlampau tinggi. Ini yang membuat harga minyak terkoreksi cepat. Namun, karena investor masih percaya minyak menjadi pelindung nilai investasi, harga minyak tidak terlalu jatuh. Sehingga bisa berada di kisaran USD 100 per barel.
”Mungkin itu adalah angka psikologis yang diterima dari sisi demand, supply, maupun para spekulator. Itu bisa jadi ekuilibrium sekarang,” kata Ani, sapaan Sri Mulyani.
Keseimbangan harga baru tersebut, paling cocok di tengah perlambatan ekonomi dunia di satu sisi, dan harga minyak yang memang sudah tidak bisa disebut lagi sebagai komoditas murah.
Menurut Ani, investor kini justru khawatir jika harga minyak anjlok terlalu drastis. Sebab jika ini terjadi, harga subtitusi minyak seperti biofuel juga akan turun sehingga menjadi tidak ekonomis lagi. (sof/fan/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: