Ribuan Ha Sawah Lebak Gagal Panen

RADAR PALEMBANG, KAYUAGUNG – Curah hujan yang berkepanjangan beberapa pekan terakhir menyebabkan ribuan hektar sawah lebak di beberapa desa di wilayah OKI, gagal panen. Hal tersebut menyebabkan ratusan petani padi di Kecamatan SP Padang OKI menderita kerugian akibat sawah lebak mereka tengelam air.
Dari hasil pantauan di lapangan, ribuan hektar tamanan padi di sawah lebak yang tengelam oleh curah hujan tinggi tersebut diantaranya di desa Tanjung Alai, Lebak Bayu, Ampar, Lebak Awal, Terusan, Lebak Pantai, Lebak Rengas Pitu, Lebak Terusan Menang, Lebak Berkar dan Lebak Sukaraja.


Akibat kejadian tersebut, padi yang baru menguning terendam air dan rusak akibat derasnya luapan air pasang, otomatis untuk menyikapi kejadian tersebut para petani terpaksa mempercepat masa panen mereka, walaupun belum saatnya untuk di panen.
Tina (35), warga Desa Lebak Laut Kecamatan SP Padang, mengatakan curah hujan yang terus menguyur desanya selama seminggu menyebabkan tanaman padi mereka rusak berat. “Kejadian seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, curah hujan yang datang terus-menerus tersebut menenggelamkan sawah dan tanaman padi kami,” jelasnya.
Sementara itu, Seketaris Desa (Sekdes) Awal Terusan, Alrasyd, membenarkan kejadian tersebut, menurutnya tanaman padi yang di tanam warga rusak berat karena terendam air, dengan kejadian tersebut warga yang mayoritasnya petani mengalami kerugian untuk saat ini.
Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Deffi Praputra, mengatakan, akan menurunkan Tim untuk mendata total kerugian petani akibat dari gagal panen tersebut. “Kami akan turunkan Tim kesana untuk pengecekan dan bila kerugiannya cukup besar pemerintah akan menyalurkan bantuan-bantuan kepada para petani tersebut,” jelasnya. (cr02)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: