Satu Calon DPD Terancam

RADAR PALEMBANG, TERANCAM – Dari 43 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), satu orang diantaranya terancam tidak lolos verifikasi. Pasalnya, yang bersangkutan tidak menyerahkan legalisir ijazah sekolahnya.
”Sudah. Kami sudah menggelar rapat pleno terkait dengan verifikasi administrasi dan faktual pasangan calon,” kata Anggota KPU Sumsel Mismiwati Abdullah ketika dihubungi, kemarin (21/9).
Dari verifikasi yang digelar, sambungnya, ada satu calon yang sampai detik terakhir plemo masih belum juga melengkapi persyaratan yang ada.


”Secara umum tidak ada masalah, dan dapat dikatakan semuanya lolos. Akan tetapi ada satu calon anggota DPD yang masih bermasalah. Yaitu belum melengkapi persyatan yang ada. Calon tersebut belum mengumpulkan fotokopi dan legalisir ijazah sekolahnya,” terang Mismiwati.
Disinggung identitas calon yang berangkutan Mismiwati enggan mengatakannya pasalnya kurang etis jika dikemukakan. Yang jelas menurut Mismiwati, sekretariat  sudah berulang kali menghubungi calon tersebut.
”Tetapi ya mau apa, ternyata dia belum juga melengkapi foto kopi dan legalisisr ijazahnya. Kan jelas, semua ijazah dari sekolah dasar, menengah pertama, menangah atas dan ijazah pendidikan terakhir harus dilampirkan. Ternyata, ia hanya mengirimkan berkas ijazah terakhir. Kalau tidak salah SMA saja, sedangkan SD dan dan SMP nya tidak ada,” ujarnya.
Apakah ia lolos juga ? Soal yang satu ini Mismiwati mengatakan syarat tersebut adalah syarat mutlak. Bisa saja yang bersangkutan dinyatakan lolos oleh KPU pusat.
”Kalau soal lolos atau tidak ya ada dua kemungkinan itu, lolos atau tidak. Tetapi bisa saja tidak. Biarlah KPU pusat nanti yang memutuskan lolos atau tidak. kami (KPU provinsi) hanya melakukan verifikasi. Urusan masuk tidak nya DCS dan DPT pusat,” tukasnya.
Ditambahkan Mismiwati, rencananya Senin (21/9) ini berkas semua calon anggota DPD akan dikirim ke KPU pusat. Nah, di KPU pusat lah akan membuat keputusan terkait hasil verifikasi.
”Setelah ini sesuai dengan tahapan maka berikutnya KPU menetapkan DCS. Lalu diumumkan untuk medapat  tanggapan dari masyarakat. Jadi tidak ada lagi waktu untuk melengkapi persyaratan. Setelah ada tanggapan dari masyarakat, maka KPU akan melakukan verifikasi dan menetapkan DCT,” tukas Mismiwati.
Dikatakan pula sesuai dengan tahapan maka sejak 27 Juni yang lalu  KPU Sumsel membuka pendaftaran bagi masyarakat yang akan menjadi anggota DPD. Selanjutnya pengumuman pendaftaran dan pendaftaran mulai dilakukan pada 27 Juni – 7 Juli. Lantas dari tanggal 4 – 10 Juli penyerahan berkas, dari tanggal 4 – 15 Juli penelitian administrasi persyaratan. Kemudian pada 14 Juli – 8 Agustus dilakukan pengirimam berkas yang memenuhi persyaratan ke KPU kabupaten/kota. (rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: