TKI Tewas Tertimpa Beton di Suriah

RADAR PALEMBANG, MUSIBAH-Kejadian nahas kembali menimpa Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri. Seorang TKI di Suriah dikabarkan tewas seketika, akibat tertimpa bahan bangunan beton tempatnya bekerja.
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Departemen Luar Negeri Teguh Wardoyo menyatakan, kabar tersebut telah diketahui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Suriah. KBRI saat ini tengah memproses kecelakaan kerja yang terjadi pada hari Sabtu (20/9) tersebut. ”Sejak peristiwa terjadi, KBRI sudah menangani,” kata Teguh kepada Jawa Pos di Jakarta, kemarin (21/9).


Menurut Teguh, untuk sementara, identitas yang bisa disebutkan, TKI yang tewas itu berjenis kelamin laki-laki, dan berasal dari Riau. Deplu untuk sementara memilih merahasiakan nama TKI tersebut dengan alasan keamanan bagi keluarga. ”Kami tidak ingin keluarga korban dimanfaatkan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) tak bertanggung jawab,” kata Teguh.
KBRI, menurut Teguh, sampai saat ini telah berusaha mempercepat kepulangan jenazah ke tanah air. Ini karena, proses yang dilakukan tersebut cukup berbelit. KBRI masih menunggu diselesaikannya prosedur tetap penanganan korban yang masih dilakukan petugas negara setempat.
”Masih ada prosedur hukum dan tes forensik terhadap jenazah yang masih harus dilakukan,” terangnya. Dia menambahkan, keluarga korban saat ini telah diberitahu kabar duka tersebut.
Terpisah, berdasar data Migrant Care, kasus kematian yang menimpa TKI di luar negeri terus meningkat sepanjang tahun. Data yang dirilis LSM untuk buruh migran itu menyebutkan, jumlah TKI yang meninggal di luar negeri periode Januari-Juli 2008 telah mencapai 84 orang. Hingga medio tersebut, Migrant Care telah menangani kurang lebih 87 kasus terkait kekerasan terhadap TKI.
Kondisi tersebut tak lebih baik dibandingkan tahun 2007 lalu. Pada kurun waktu tersebut, Migrant Care melaporkan jumlah TKI yang meninggal mencapai 212 jiwa. Itu merupakan angka kematian tertinggi selama beberapa tahun terakhir. (bay/nw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: