Del Potro Bawa Argentina ke Final

Del Potro Bawa Argentina ke Final

RADAR PALEMBANG, TENIS – Harapan Argentina untuk kembali mencicipi final Piala Davis dapat terkabul. Argentina membutuhkan kemenangan di pertandingan terakhir atau partai kelima untuk menyingkirkan Rusia di semifinal. Dengan demikian, mereka akan menghadapi Spanyol yang sudah memastikan lolos lebih dahulu.


Pahlawan kemenangan tim Piala Davis Argentina kali ini adalah petenis muda, Juan Martin Del Potro. Petenis berusia 19 tahun itu menjegal Igor Andreev dengan tiga set langsung, 6-4, 6-2, 6-1. Hasil itu membuat Del Potro menuai 25 kemenangan dari 26 laga terakhir yang dilakoninya di berbagai ajang.
‘’Benar-benar menakjubkan. Saya melakukan servis dengan sangat baik dan semua serasa mimpi,’’ ungkap Del Potro pada AFP.
Dalam tiga bulan terakhir, Del Potro memang sedang menjalani karir yang gemilang. Dia baru saja mengoleksi empat gelar ATP secara beruntun. Satu-satunya kekalahan yang dideritanya dalam kurun waktu tersebut adalah di perempat final grand slam Amerika (Serikat (AS) Terbuka dari finalis Andy Murray (Inggris Raya).
‘’Jika pada Juli lalu ada orang yang berkatasaya bisa memenangkan empat gelar dan memberikan kemenangan untuk tim Davis Argentina, pasti saya tak akan mempercayainya. Namun, sekarang semuanya menjadi kenyataan,’’ tambahnya.
Dengan hasil itu, Argentina membuka peluang untuk meraih gelar Pial Davis untuk pertama kalinya. Mereka sudah pernah dua kali mencapai final, yaitu pada 1981 dan 2006, namun keduanya berujung pada kekalahan. Laga final melawan Spanyol yang menaklukkan juara bertahan AS dengan skor 4-1, akan dilangsungkan 21 hingga 23 November mendatang.
Argentina sudah unggul 2-0 dari pertarungan hari pertama. Keduanya dari partai tunggal. Namun, Rusia mampu menyamakan keadaan melalui ganda dan Nikolay Davydenko yang mengalahkan David Nalbandian di partai keempat. Davydenko unggul dengan 3-6, 6-3, 7-6 (2), 6-0.
Kekalahan itu menodai catatan positif Nalbandian selama memperkuat negerinya di Piala Davis. Itulah kekalahan pertamnya dari 16 laga yang sudah dilaluinya.
Usai laga itu, peran Del Potro berarti sangat penting bagi timnya. Dengan dukungan 14 ribu penonton yang hadir di Estadio Parque Roca, Buenos Aires, Del Potro mampu melepaskan beban yang ada di pundaknya. Tak banyak mengalami kesulitan, petenis peringkat ke-13 ATP itu mengandaskan perlawanan Andreev dan Rusia.
‘’Saya tak pernah menyangka akan bertanding di pertandingan penentu, sebab saya kira kami sudah akan lolos sebelum laga terakhir. Semua berlangsung sempurna dan mengagumkan,’’ terang Del Potro.
Pujian juga dilayangkan Kapten tim Davis Argentina Alberto Mancini pada Del Potro. Meski masih berusia muda, dia menyebut Del Potro memiliki mental yang kuat. ‘’Berada dalam tekanan tak membuatnya makin buruk. Dia bermain dengan luar biasa. Awal pertandingan dia nampak nervous, namun dia menunjukkan dirinya yang sebenarnya,’’ ungkap Mancini. (ady)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: