Dukungan Ganda Kembali Mencuat

RADAR PALEMBANG, LAHAT- Polemik dukungan ganda partai politik (parpol) tidak saja terjadi terhadap cabupcCawabup Lahat, tapi juga mencuat kepada dukungan caleg (calon anggota legislatif) yang akan memperebutkan 45 kursi di DPRD Lahat.
Salah satu Partai yang menjadi sorotan yakni PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) yang memiliki dualisme kepemimpinan dan kepengurusan. Yang membingungkan, masing-masing telah masuk dalam verifikasi KPUD Lahat perihal pencalegan.


Ketua KPUD Lahat H Rasyid Padjim BA melalui anggotanya Fahrurozi mengatakan, memang di Lahat ada dua parpol yang ada dualisme kepemimpinan pusat dan daerah, sehingga untuk memutuskan keabsahan pendukungannya maka mereka akan mengacu kepada keputusan kementerian hukum dan HAM.
“Sebenarnya untuk PKB itu tidak ada masalah lagi, hanya saja tinggal PPDI yang masih mengambang siapa kepengurusan yang diakui sah oleh Depkum dan HAM sebab hingga saat ini kami belum menerima surat resmi dari Depkum dan HAM dari Partai mana yang berhak memajukan calegnya,” beber Fahrurozi kemarin (22/09).
Ketidak jelasan PPDI, lanjutnya, sebab pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dimenangkan oleh kepimpinan Endung dengan ketua DPC Azizah. Akan tetapi karena partai saling klaim, maka depkum dan HAM mengajukan permasalahan ini ke tingkat Kasasi di Mahkamah Agung (MA), dan hingga saat ini masih berlanjut.
Sejauh ini, Fahrurozi menambahkan, sebanyak 1.090 caleg dari 38 parpol yang akan merebut 45 kursi di DPRD Lahat sudah masuk dalam tahapan verifikasi secara administrasi untuk mengecek kelengkapan berkas-berkas mereka, seperti, kelengkapan Ijazah, KTP, surat keterangan dari parpol yang bersangkutan dan lain sebagainya. “Kami akan selektif memilih dan memeriksa kelengkapan persyaratan mereka, selain itu Parpol yang mengusung mereka akan benar-benar kami teliti kepengurusannya,” pungkasnya. (cr01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: