Harga Daging Merangkak Naik

RADAR PALEMBANG, NAIK – Lebih dari sepekan menjelang lebaran,  harga daging terus merangkak naik. Kemarin saja,  harganya sudah menembus Rp 70 ribu per kilogramnya. Kenaikan itu terjadi, pada sejumlah pasar tradisional yang berhasil dipantau koran ini.
Salah seorang pembeli Dewi (35) saat dibincangi mengaku, selain daging harga ayam juga naik. Bila sebelumnya per kilo hanya  r6 ribu kemarin sudah mencapai Rp 28 ribu per kilo.


”Memang harga ayam dan daging mulai mengalami kenaikan menjelang hari raya ini, tapi yang saya takutkan nanti mendekati hari raya tidak cuma daging, sembako juga akan mengalami kenaikan lagi,”ungkapnya.
Pantauan RADAR PALEMBANG  di pasar Satelit Multiwahana Sako Kenten, harga daging juga menembus antara Rp 70 hingga Rp 75 ribu per kilogram sedangkan Ayam menembus Rp 24 ribu perkilo.
Mnurut Ipah, warga Perumnas ketika belanja di pasar Prumnas Sako,  kenaikan harga terjadi secara bertahap selama tiga hari terakhir dan diperkirakan akan terus melambung jelang hari raya. ”Saya katakan itu karena konsumsi masyarakat akan daging pasti akan terus meningkat,’katanya.
Bagaimana dengan harga sembako? ”Untuk harga sembako masih terbilang normal minyak goreng masih seharga Rp 12 ribu (bungkus) dan Rp 9 ribu (curah), terigu masih seharga Rp 7200 dan gula masih Rp 6 ribu,”ucapnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh Imroh, warga Sako lainnya, mengatakan bahwa untuk harga daging dan ayam memang tengah mengalami lonjakan  yang cukup signifikan. ”Kenaikan harga daging ini memang secara bertahap, namun kenaikan hari ini cukup siginifican. Penyebabnya mungkin mendekati Lebaran dimana masyarakat mulai memburu daging,”pungkasnya.
Sedangkan untuk harga terigu, juga mengalami kenaikan yang kemarin seharga Rp 5.200 mengalami kenaikan menjadi Rp 5.600 per kilogram, beras masih tetap harganya mulai dari Rp 115 ribu hingga 120, dan  minyak goreng banyak mengalami penurunan yang semula harganya Rp 8500 sekarang menjadi Rp 7000,”katanya.
Hal senada juga diungkapkan, Sri pedagang  sayuran. Menurutnya,  untuk sayur tidak mengalami kenaikan, namun yang dikhawatirkan sekarang ini harga cabe, karena sekarang saja sudah mengalami kenaikan hingga Rp 12. 000 per kg. ”Kemungkinan mendekati lebaran nanti bisa mencapai Rp 20 ribu perkilogramnya, meskipun harga mahal namun masyarakat masih tetap membeli,”ucapnya. (sep/vie)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: