Jerman Serius Jajaki PLTMG Borang

Targetkan 2010 Beroperasional

RADAR PALEMBANG, INVESTOR – Investor Jerman tampaknya  sangat merespon rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang  dalam hal ini melalui PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) untuk membangun  PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) 14 MW di kawasan Sematang Borang.
Pasalnya investor Jerman tersebut, selain telah menyiapkan dana Rp 160 miliar atau sekitar senilai USD 17,7 juta  (kurs Rp 9000) untuk pembangunan PLTMG tersebut. ’’Memang investor Jerman benar-benar tertarik untuk melakukan investasi untuk pembangunan PLTMG Borang. Terbukti dengannya mereka memantau perkembangan pembangunan PLTMG tersebut,’’ungkap Direktur Utama  SP2J, Bahder Johan, kemarin.


Merespon keinginan investor Jerman tersebut,  sambung Bahder, Pemkot Palembang melalui  SP2J telah mengurus perizinan  lahannya. ’’Soal perizinan lahan memang tengah kita urus mudah-mudahan dalam waktu dekat perizinannya tersebut telah kelar,’’terangnya.
Yang jadi persoalan, lanjut Bahder, pihaknya kini tengah menunggu kontrak dengan pihak Power Purcise Agrimant (PPA) dalam hal ini PLN  dan Gas  Suplay Agrement  (GSA) yaitu Pertamina. ’’Kita sudah mengajukan drafnya   dan menurut  mereka menunggu persetujuan  dari pusat. Jika sudah setuju tinggal melakukan MoU antara Pemerintah Kota Palembang dengan pimpinan  GSA dan PPA,’’terangnya.
Kapan dilakukan pembangunan? “Kita sih berharap secepatnya namun kita masih menunggu MoU Pemkot dengan pimpinan GSA dan PPA. Setelah semua itu kelar akan langsung dilakukan pembangunan sehingga target tahun 2010 bisa beroperasi tercapai,’’ujarnya.
Ditanyai bagaimana pengembalian  dana inves dari  finansial model ini? “ Jika kita melihat dari model yang mereka berikan,  bisa di kembalikan  dengan cara mencicil selama delapan tahun,”jelasnya.
Sebagaimana  yang di Informasi sebelumnya bahwa PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) di kawasan Sematang Borang ini nanti  berkuatan lebih kurang 14 MW. Dari  jumlah ini nantinya akan menghasilkan 5 MBTU. 4 MBTU digunakan untuk listrik kota Palembang. Sisanya sebesar 1 MBTU digunakan untuk gas kota.(sep)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: