Kawula Muda Tionghoa Kurang Minati Politik

JELANG pemilu 2009 banyak warga yang berlomba-lomba terjun ke dunia politik, baik sebagai pengurus partai politik ataupun mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Namun kondisi tersebut sangat bertentangan dengan kehidupan kawula muda Tionghoa . Mereka malah berlaku sebaliknya, enggan dan tidak begitu tertarik dengan dunia politik.
Salah seorang warga Tionghoa Erwin Salim mengungkapkan secara umum warga Tionghoa khususnya kawula muda kurang berminat untuk terjun kedunia politik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya paradigma di masyarakat yang mengatakan politik itu menakutkan.


Selain itu, sudah menjadi sifat warga Tionghoa untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis. ”Saya sendiri memang kurang tertarik untuk berpolitik, karena jiwa saya tidak ada disana, saya lebih suka dengan hal yang berkaitan dengan ekonomi dan teknologi informasi, ” ujarnya kepada koran ini kemarin.
Dijelaskannya, dari orang tua sendiri sebenarnya tidak ada larangan untuk terjun ke politik. Tetapi seperti yang disampaikan tadi, tidak ada jiwa untuk berpolitik tersebut. ” Sepertinya sudah menjadi tradisi, kalau warga Tionghoa itu lebih cocok untuk kegiatan bisnis seperti dagang ataupun usaha lainnya, ” tegasnya.
Ditambahkan juara pertama cici koko Palembang 2008 ini, saat ini politik itu masih didominasi warga pribumi, untuk warga Tionghoa sendiri nampaknya persentasenya masih sangat kecil. ” Selain faktor diatas, kesempatan nampaknya masih belum begitu terbuka untuk warga Tionghoa , ”ujarnya.
Namun demikian sebagai warga negara yang baik mereka juga menunaikan kewajiban untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi seperti mencoblos saat pilkada atapun pemilu legislatif.
Hal senada diungkapkan Juliyanita. Menurut dara manis satu ini sejak dulu dirinya kurang tertarik untuk terjun ke politik praktis. Ia menganggap politik itu menakutkan dan sulit untuk dipahami. ”Jiwa saya tidak disana, jadi tidak tertarik, kalau nyoblos ya kita sebagai warga negara harus, ” pungkasnya. (ace)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: