PDAM Harus Mandiri

ANCAMAN pegawai PDAM Way Komering yang akan melakukan mogok kerja dan berdemo ke Pemkab OKU Timur, kemarin tidak terbukti. Hanya dua orang perwakilan pegawai PDAM Way Komering terlihat mendatangi Pemkab OKU Timur dan bertemu dengan Wakil Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi.

Menurut Kholid, kedatangan utusan pegawai PDAM Way Komering memang untuk melaporkan kinerja yang ada di PDAM Way Komering, yang seluruh pegawainya sudah dua bulan tidak menerima gaji. Namun, karena PDAM Way Komering adalah perusahaan maka dalam hal ini Pemkab OKU Timur tidak dapat mengambil kebijakan.

“PDAM itukan perusahaan dan mereka ada badan pengawas jadi harus lapor kepada badan pengawas bukan kepada kita,” ujar Wabup saat dibincangi usai menerima perwakilan pegawai PDAM, kemarin (22/9).

Dijelaskan Wabup, selama ini PDAM Way Komering terus mendapat subsidi dari Pemkab OKU Timur. Pada tahun 2007 lalu melalui APBD PDAM Way Komering disubsidi sebesar Rp 900 juta. “Tahun ini subsidi tidak kita berikan lagi biar mereka (PDAM) mandiri, hanya saja berdasarkan laporan bendahara ternyata PDAM sampai saat ini masih dibantu Rp 70 juta per bulan untuk biaya listrik padahal subsidi sudah dicabut,” tukasnya.

Kepada perwakilan PDAM, Wabup menyarakan agar seluruh pegawai PDAM Way Komering terlebih dahulu melakukan pertemuan intern dengan dewan pengawas guna membahas permasalahan yang ada. Setelah itu dewan pengawas melaporkan hasilnya ke Bupati.

“Yang berhak memanggil Direktur PDAM adalah dewan pengawas, jadi mereka harus rapat dulu baru melapor ke Bupati,” terangnya. Wabup mengakui bahwa kinerja PDAM Way Komering saat ini terus menurun. Tidak hanya dari segi pelayanan tetapi juga dari segi pegawai pun kinerjanya terlihat menurun.

“Saya sendiri melihat air PDAM yang mengalir di rumah airnya keruh dan berbau kaporit. Jadi wajar saja kalau masyarakat tidak mau membayar tagihan. Seharusnya PDAM juga harus berani bertindak yang tidak mau bayar harus diputus agar kerugian tidak semakin besar,” imbuhnya. (awa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: