Tarif AKAP Naik Bervariasi

RADAR PALEMBANG, AKAP – Walau  Departemen Hubungan (Dephub) belum mengeluarkan keputusan kenaikan tarif batas atas batas bawah untuk angkutan lebaran, namun saat ini beberapa Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP), sudah mulai menaikkan tarifnya. Kenaikan sendiri bervariasi.
Pantauan RADAR PALEMBANG, PO Manila Indah sejak kemarin sudah mulai menaikkan tarif sekitar 35 persen. Untuk bus AC tujuan Padang, naik dari Rp 175 ribu menjadi Rp 215 ribu. Sedangkan yang non AC, naik dari Rp 155 ribu menjadi Rp 185 ribu. ‘’Sekarang ini lonjakan penumpang belum terasa. Mungkin, H-3 sudah mulai ada peningkatan penumpang,’’ kata  Rudi, Sub Agen PO Manila Indah di Terminal Alang-Alang Lebar (AAL).


PO Kramat Jati, kenaikan tarif juga telah dilakukan untuk jurusan  Palembang-Bandung naik dari Rp 240 ribu menjadi Rp 275 ribu. Sedangkan untuk jurusan Palembang Jakarta naik dari Rp 145 ribu menjadi Rp 185 ribu. Kenaikan sendiri ditentukan secara bertahap, mulai dari 21-25 September dengan rata 25 persen.
Namun mulai 26 September – 2 Oktober tarif naik lagi dari Rp 185 ribu menjadi Rp 230 ribu untuk Palembang-Jakarta. Untuk Palembang-Bandung, naik dari Rp 275 ribu menjadi Rp 315 ribu. Tarif kembali naik mulai 3 Oktober sampai 11 Oktober menjadi Rp 315 ribu untuk tujuan Jakarta dan Rp 500 ribu untuk tujuan Bandung.’’Semua kebijakan perusahaan pusat, kita hanya pelaksana,’’ ujar Nova, staf tiketing PO Kramat Jati.
Namun tidak semua PO yang menaikkan tarif. PO Yoanda Prima baru akan menaikkan tarif pada 24 September mendatang.
’’Jika warga pesan tiket  dibawah tanggal itu, masih harga normal. Namun jika sudah diatasnya, kita pakai tarif baru. Biasanya Rp 153 ribu naik menjadi Rp 185 ribu,’’terang pengurus agen Yoanda Prima di terminal AAL, Jon Juanda.
Menurutnya, Tahun ini ada penurunan jumlah penumpang. Jika tahun lalu pada H-10 sudah cukup banyak pemudik yang berangkat, tapi tahun ini sama sekali belum.(sep)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: