Waspadai Produk Tak Cantumkan Komposisi

RADAR PALEMBANG,MAKANAN-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Sumsel meminta seluruh masyarakat untuk mewasapadai produk makanan tak mencantumkan komposisi bahan dasar di setiap produks. Karena banyak ditemukan produk mengendung bahan membahayakan.
Kepala Disperindag Sumsel H Eppy Mirza mengatakan, pihaknya sudah mencurigai beberapa makanan yang mengandung bahan membahayakan tubuh, dikandung oleh produk tak mencantumkan lebel komposisi.
’’Saat ini kita belum bisa rinci satu persatu karena masih sedang dalam tahap penelitian. Tapi kita minta berhati-hati, setekah beberapa waktu lalu kita temukan, empek-empek, cendol, mengandung formalin, kita terus bergerilya, termasuk produk tanpa komposisi kita curigai sekarang ini,’’ujarnya.


Syarat, sebuah produk makanan layak dikonsumsi, selain mencantumkan lebel halal, waktu expired date, labelisasi produk, juga harus mencantumkan komposisi bahan bakanan dibuat termasuk presentase kandungan zatnya.’’Bila ini, tak dicantumkan,  artinya kita butuh curigai, dan lebih baik tak usah dikonsumsi,’’ungkapnya.
Termasuk parcel-parcel yang dijual, seharusnya dipajang dengan jelas, jenisnya hingga kode lebelisasi lainya baru dibungkus, dan bukan dijual dalam bentuk bungkus  sehingga si pembeli tak bisa melihat dengan jelas kondisi produk.
Hindari pembelian parcel yang tak mau menampakkan kondisi produk sebenarnya, bahkan bila ada produk mencurikan, diharapkan bisa langsung melapor di Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan  (BBPOM) atau langsung ke Disperindag.
’’Laporan akan kita proses dan dibawa ke labor. Bersama BBPOM kita akan umumkan sepekan kemudian. Apalagi menjelang lebaran ini, biasanya banyak dijual produk mendekati expired dan juga produk kurang jelas komposisinya dengan harga relatif murah,’’ujarnya.
Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Konsumen harus tetap waspada, dan biasakan diri cermati produk sebelum membeli. Sejauh ini Disperindag mencatat sudah banyak pelanggaran makanan mengandung formalin, pewarna berlebihan, termasuk kandungan bukan gula murni membahayakan kesehatan.(ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: