2009 Terowongan Charitas Dibangun

RADAR PALEMBANG,MACET-Untuk mengantispasi penumpukan kemacetan lalu lintas di simpang Charitas, pasca dioperasikanya fly over simpang Polda. Pemerintah Provinsi Sumsel bakal menganggarkan pembangunan underpass (terowongan) di Simpang Charitas tahun 2009.

‘’Kita lagi hitung-hitung sekarang, berapa jumlah dana total yang dibutuhkan untuk pembuatan underpas. Setelah itu akan dibawa ke pusat bulan-bulan inilah, sebab diharapkan bisa ditalangi dana APBN di 2009,’’ujar kepala Dinas PU Bina Marga Edy Hermato kemarin.

Sedangkan untuk Detail Engenering Desaign (DED) juga sedang diproses pembuatanya, nanti diharapkan bisacepat rampung agar bisa melakukan pemaparan di pusat dalam waktu dekat.

Menurutnya untuk membuat underpass layaknya berfungsi sebagai terowongan, itu membutuhkan spesifikasi tersendiri, dibandingkan jembatan pada umumnya. Apalagi, pola underpass ini masih jarang dipakai di wilayah lain.

’’Jadi desaignya harus benar-benar bagus dan mencari konsep ideal disesuaikan dengan kondisi Palembang. Rencannya underpass itu nanti menghadap Jalan A Rivai. Artinya, kendaraan yang melewati Jalan Sudirman tetap lewat atas sedangkan kendaraan Jln Kapten A Rivai dan Perintis kemerdekaan lewat terowongan,’’imbuhnya.

Kenapa tidak dibuat semacam fly over? Hal ini kata Edy tak lain mempertahankan keindahan kota, baik dari atas udara ataupun lalu lintas secara umum. Menurutnya, bila di setiap simpang empat yang kemacetannya tinggi dibuat fly over, akan mengurangi keindahan kota.

’’Kalau simpang Charitas dibuat underpass, untuk simpang lainya seperti Simpang Patal, rencananya juga akan dibuat dalam bentuk lain, kemungkinanya didesaign jalan lingkar kota,’’tambahnya.

Ada kemungkinan juga bakal dibuat jalan sirip di setiap persimpangan empat nanti. Ambil contoh, sebelum simpang Patal, tepatnya di jalan Perwari akan dibuat jalan sirip bisa tembus ke PTC.

Begitu seterusnya, konsep desaign tata runag di seluruh perempatan dan simpang dalam kota nantinya. Selain mampu menghadirkan aneka macam desaig tata ruang simpang empat, bakal dijadikan asset sejarah bagi Sumsel.(ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: