Besok, Sidang Perdana Gugatan SOHE Digelar

RADAR PALEMBANG, SIDANG – Setelah resmi didaftarkan di Mahmakah Agung (MA) RI pada Senin (16/9) lalu, besok (Kamis,25/9) sidang perdana gugatan pasangan Syahrial Oesman – Helmy Yahya (SOHE) digelar. Rencananya, sidang akan digelar di ruang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) MA di Jakarta dengan agenda pembacaan gugatan.


”Kami sudah menerima surat panggilan dari MA RI terkait dengan gugatan Tim SOHE ke KPU Provinsi Sumsel. Dalam panggilan tersebut perkara dengan nomor 07/K/KPUD/2008 tersebut akan mulai disidangkan pada Kamis mendatang,” tegas Ketua Tim Advokasi KPU Provinsi Sumsel Kms M Amin SH.
Terkait dengan marteri gugatan, Amin mengatakan, pihaknya belum tahu secara pasti. Mengingat, pada panggilan tersebut MA RI tidak memberikan salinan atau berkas gugatan Tim SOHE. Hanya saja berdasarkan informasi yang didapatkan materi gugatan tak jauh dari persoalan yang selama ini dibawa oleh Tim SOHE.
“Ya, persoalannya dari penggelembungan suara di Muba. Plus permintaan agar pemilukada di Muba diulang. Yang jelas kami sudah siap dengan jawaban atas gugatan tersebut,” ulasnya.
Jika persoalan yang diajukan kedua hal tersebut, tambah Amin, maka hal tersebut bukan wewenang MA RI. Mengingat kasus yang terjadi adalah  pelanggaran pemilukada. Seharusnya Tim SOHE melaporkan persoalan ini ke Panwaslu Sumsel. Nah, dari Panwaslu Sumsel akan ditelaah untuk diteruskan.
“Itu mekanismenya. Kalau ini dilakukan, maka kami menilai gugatan Tim SOHE tidak tepat. Kami sendiri sampai saat ini belum mendapatkan pemberitahuan dari Panwaslu Sumsel soal adanya penggelembungan suara. Jadi gugatan tersebut prematur,” tegasnya.
Untuk menghadapi Tim Advokasi SOHE, imbuh Amin pihaknya juga telah menambah pengacara. Paling tidak ada lima pengacara yang akan bergabung termasuk dirinya. Yaitu M Rivai Panggarbesi, Edi Siswanto, Idham Khalid, dan Raden Iskandar.
Diwawancarai di tempat yang sama, anggota KPUD Sumsel Ahmad Bakri membenarkan pernyataan Amin. Sampai saat ini KPU Sumsel belum pernah menerima laporan dari Panwaslu terkait dugaan yang dilontarkan Tim Advokasi Tim SOHE.
Terpisah Ketua Tim Advokasi Pasangan SOHE, Bambang Heriyanto SH MS yang dihubungi via ponselnya membenarkan kalau sidang akan digelar Kamis. Namun untuk materi secara pasti dirinya mengaku belum tahu. “Tetapi biasanya pada sidang perdana itu pembacaan gugatan,” imbuhnya.
Terkait dengan pernyataan Tim Advokasi KPU Kms M Amin yang mengatakan prematur dan tidak tepat, Bambang meminta agar hal tersebut disampaikan saat persidangan nanti. “Kalau itu pendapat mereka sah-sah saja. Silahkan dimasukan dalam jawaban mereka nanti di pengadilan,” sambungnya.
Menghadapi KPU kata Bambang, pihaknya sudah menyiapkan 10 orang pengacara yang siap membuktikan gugatan SOHE. Pihaknya akan membuktikan dugaan kecurangan dan penggelembungan dalam perhitungan suara dalam pilgub Sumsel lalu terutama yang terjadi di Muba.
Selain gugatan di MA tambah Bambang mengungkapkan, pihaknya juga melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan ke MK rencananya akan didaftarkan hari ini (Rabu, 24/9). Lalu ada juga gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam minggu ini.
“DI MK kami mengajukan persoalan peraturan perundang-undangan yang dinilai merugikan pasangan SOHE. Disamping itu kami juga akan mendaftrakan gugatannya ke PTUN terkait perubahan jadwal rekapitulasi oleh KPUD Sumsel. Yang semula dilakukan pada 14 September, lalu jadi tanggal 9 September dan terakhir jadi 11 September,” tukasnya.
Untuk diketahui beberapa waktu lalu tim kampanye SOHE menemukan kecurangan di Muba. Ini ditunjukan dengan adanya para pejabat di Muba yang patut diduga mencoblos dua kali. Terjadi pula penggelembungan suara di Kecamatan Bayung Lencir. Indikasiny, DPT di daerah tersebut hanya 937 suara namun saat pilgub lalu membengkak menjadi 1.034 suara.(rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: