H-10 Situasi Penerbangan Lengang

RADAR PALEMBANG, BANDARA-Memasuki H-10 dekati lebaran situasi Bandara SMB II terlihat lengang. Aktifitas berlangsung normal, belum ada lonjakan penumpang pesawat terbang. Padahal menurut maskapai, permintaan akan merangkak naik pada H-10 ini.
Kegiatan kedatangan maupun keberangkatan penumpang menjelang lebaran terlihat normal. Malah bandara itu di siang hari terkesan sepi. Posko informasi bandara terlihat sudah disiapkan demikian pula spanduk ”Posko Lebaran 1429 H, telah terpasang pada ruangan yang terletak di bagian agak ke belakang pelataran teras bandara.


Di bagian luar ruangan ini telah pula terpasang papan white board untuk mencatat jumlah penumpang yang akan memadati bandara perharinya mulai H-7 mendatang (24 September). Menurut seorang petugas wanita yang tengah bertugas di posko, resminya posko bandara ini akan dibuka pada H-7 mendatang.
”Kami memang jauh-jauh hari telah menyiapkan posko lebaran yang menyatu dengan ruangan informasi bandara. Seluruh perlengkapan sudah tersedia di sana seperti alat fax serta white board,” ujar Ketua Koordinator Posko Lebaran, Dausi Gandawanto, kemarin.
Secara bergilir ditugaskan petugas piket di posko tersebut. Waktu dinas petugas piket ini dimulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Bahkan makin mendekati hari lebaran petugas akan ditambah dua orang lagi. ”Tugas mereka nanti mengamati penerbangan, kedatangan tamu VIP, lonjakan penumpang, serta kapasitas gudang cargo,” jelasnya.
Penumpang juga dapat memanfaatkan fasilitas posko ini untuk bertanya apa saja yang ingin diketahui serta dibutuhkan. Misalnya ingin langsung menunju ruang tunggu atau check in. ”Kami siap membantu sampai ruang tunggu sekaligus sampai ke pesawat yang dituju.”
Jam tugas piket akan ditambah lagi apabila ada maskapai yang mengajukan ekstra flight ke bandara. Biasanya permintaan semacam ini terjadi pada H-4 lebaran. ”Untuk saat sekarang belum ada permintaan dari maskapai.”
Disinggung mengenai fasilitas buka puasa bagi penumpang apabila ada delay maskapai, Dausi mengatakan, sejak pertama kali Ramadan fasilitas ini sudah berlaku. Namun, sambungnya, belum ada delay pesawat yang memakan waktu lama sehingga penumpang terpaksa berbuka di bandara. ”Kalaupun nanti ada, akan kami sediakan snack ala kadarnya seperti minuman atau kurma,” ungkapnya.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: