Konsumen Palembang Pahami Krisis AIG

RADAR PALEMBANG, KONSUMEN-Krisis keuangan yang dialami perusahaan asuransi terbesar di Amerika Serikat American Internasional Group Inc (AIG), ternyata sempat membuat ’panik’ konsumen kota ini. Peserta polish AIG life mempertanyakan mengenai hal ini walaupun akhirnya bisa memahami.
’’Ada juga nasabah yang tanya-tanya mengenai masalah ini, kompetitor juga. Tapi setelah kami jelaskan belum lagi ada berita bahwa pemerintah negara itu bersedia menyuntikan dananya, semua bisa memahami,’’tutur Agency Director AIG Life Palembang Agus Darmawan, kemarin.


Dia menambahkan, sejauh ini tidak ada pengaruh dari krisis yang dialami perusahaan tersebut. Adanya suntikan dana sebesar USD 85 miliar oleh pemerintah AS, makin memperkuat posisi keuangan negara tersebut. Kini perusahaan asuransi itu menjadi perusahaan milik pemerintah mengingat mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah AS. ’’Jika sekarang responnya sekarang banyak, itu artinya AIG merupakan perusahaan besar,’’ ujar Agus tanpa bersedia berkomentar lebih banyak.
Sementara itu, tiga perusahaan anggota AIG di Indonesia masih beroperasi normal meski kisruh finansial melanda kantor pusat mereka. Ketiga anak perusahaan yang masih beroperasi itu AIG life, AIG Indonesia, AIU Indonesia. Ketiga perusahaan ini menyatakan masih dapat memenuhi kewajiban kepada nasabah maupun mitra bisnisnya.
Hal ini terkait pemberian fasilitas pinjaman oleh bank sentral AS berjangka dua tahun senilai USD 85 miliar sehingga memastikan AIG dapat memenuhi likuiditas perusahaan.
Persoalan krisis keuangan yang menimpa AIG merupakan perpanjangan krisis lembaga keuangan yang dialami AS. Sebelumnya, krisis menimpa perusahaan securitas tekemuka dunia Lehman Brothers lalu Merrill Lynch kemudian barulah AIG.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: