Muntah di Siang Hari

Pertanyaan

Ustad. Saya dalam kesempatan Ramadan yang indah ini harus menjalani pekerjaan di malam hari. Saya kerja dari sore hingga larut malam. Namun, karena saya hanya memiliki motor, jadi dinginnya malam harus saya tembus. Akibatnya, fisik saya menurun dan kerap masuk angin. Sebenarnya, saya berusaha bertahan dengan kondisi yang ada. Namun, yang membuat saya khawatir adalah rasa mual akibat masuk angin tersebut. Terkadang pula, saya harus muntah. Bagaimana dengan puasa saya Ustad, batal atau tidak?

Zarni RN
Jl Putak 8 Blok S-II No 8 Komplek Pusri Sako Palembang


Jawab

Sebenarnya, orang sakit itu mendapatkan keringanan tersendiri dari Allah. Misalkan saja, yang sakit lumpuh takbisashalat berdiri, bisa shalat sambil tidur. Yang tak bisa kena air, bisa wudhu dengan tayamum. Begitu terus keringanan diberikan sesuai dengan  tingkat kesakitan setiap muslim.
Sementara, untuk yang sedang sakit batuk berdahak, biasanya gatal saat batuk hingga keluar muntah tak disengaja. Ini hukum puasanya tidak batal, dan bisa diteruskan saja.
Tapi kalau disengaja dimuntah-muntahkan, atau dengan cara lain seperti memasukkan jari ke ke mulut dan lainnya, ini akan membuat puasa batal karena sengaja melakukan perbuatan menyebabkan mulut merasakan sesuatu sehingga ada yang tertelan lagi. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: