Rupiah Terus Menguat

RADAR PALEMBANG, MATA UANG-Melemahnya nilai tukar dolar AS (USD) membuat mata uang sejumlah negara menguat. Tak terkecuali rupiah. Kemarin, nilai tukar rupiah kembali berada di bawah level Rp 9.300, tepatnya di posisi 9.285.
Pengamat pasar uang Farian Anwar mengemukakan, rupiah menguat signifikan karena USD melemah terhadap hampir semua mata uang dunia. ”Adanya niat pemerintah AS untuk mengambil-alih lembaga keuangan yang kolaps lewat BPPN-nya berpotensi membuat anggaran negara tersebut goyah,” ujarnya kemarin (22/9).


Selain itu, kata dia, ada capital inflow cukup besar dari para spekulator asing ke pasar saham. ”Harga saham sudah murah, spekulator asing melihat hal itu sebagai peluang,” tuturnya.
Kondisi tersebut menunjukkan besarnya pengaruh pasar keuangan tanah air terhadap keberadaan investor asing. ”Pergerakan rupiah akan sangat bergantung dari besarnya capital inflow-outflow, karena pasar kita masih sangat bergantung pada asing,” jelas direktur Currency Management Group tersebut.
Di sisi lain, analis valas Bank Himpunan Saudara Rully Nova mengatakan, kurs rupiah menguat hingga 9.300 per dolar AS setelah BIberencana memperpanjang fasilitas repo surat berharga. “Rencana BI memperpanjang repo dan penempatan dana pemerintah di BI untuk mendorong likuiditas perbankan memicu rupiah menguat,” katanya.
Ekonom Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan menuturkan, penguatan rupiah dalam beberapa hari terakhir tidak bisa dilepaskan dari intervensi bank sentral, selain tentu saja faktor pelemahan USD menjadi lambaran utama penguatan rupiah. Cadangan devisa yang, meski berkurang dari posisi USD 60 miliar menjadi USD 58 miliar, cukup kuat membuat Bank Indonesia (BI) leluasa melakukan operasi moneter untuk mengangkat rupiah dari keterpurukan lebih dalam. ”Hanya saja, ini patut dicermati, seberapa kuat dan konsisten BI terus mengintervensi pasar,” katanya. (eri/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: