Transaksi Pegadaian dalam Posisi Down

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – Dalam tiga minggu terakhir Ramadan 1429 H, tingkat transaksi yang terjadi di Perum Pegadaian Muara Enim mengalami penurunan (down) yang sangat siginifkan. Penurunan ini diperkirakan sebagian karyawan maupun masyarakat yang bekerja telah mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari tunjangan hari raya yang diterima. Transaksi diperkirakan akan kembali melonjak menjelang dan sesudah lebaran nanti.


“Kita berharap menjelang dan sesudah lebaran akan kembali meningkat,” ungkap Kepala Cabang Perum Pegadaian Muara Enim Istyodi di ruang kerjanya, kemarin.
Istyodi melanjutkan dari data transaksi yang tercatat, minggu pertama Ramadan transaksi melonjak tajam dengan nilai transaksi mencapai Rp 522,1 juta, minggu kedua menurun menjadi Rp 416,45 juta, dan minggu ketiga menjadi Rp 301,67 juta. Menurut ia kebanyakan dari barang berharga yang digadaikan itu, perhiasan emas masih mendominasi hingga 90 persen, sementara itu sisanya berupa 13 buah motor dan 1 unit mobil. Lebih lanjut Istyodi menerangkan berdasarkan pengalaman tiap tahunnya penurunan terjadi setiap minggunya, namun ketika mendekati lebaran masyarakat akan kembali menggadaikan barang berharga miliknya untuk biaya mudik dan mengambilnya kembali setelah lebaran.
“Kebiasaan sebelum lebaran mereka gadaikan lagi untuk biaya mudik, biasanya barang berharganya berupa sepeda motor bahkan mobil pribadi, sekalian mereka itu titiplah sama kita, sebab mereka umumnya mengatakan katanya kalau nitip barang di sini lebih aman dan tidak selalu waswas selama pulang kampung. Di samping itu ya mereka bisa punya tambahan untuk biaya mudiknya,” katanya.
Sementara untuk pencapaian target, Istyodi mengatakan pihaknya sendiri untuk tahun 2008 ini ditargetkan mencapai Rp 18,3 miliar, namun hanya dalam semester pertama tahun 2008 ini saja pihaknya telah berhasil mengumpulkan nilai transaksi mencapai Rp 10,2 miliar. Pihaknya sendiri optimis akan mencapai target bahkan bisa menembus target itu hingga mencapai Rp 21 miliar lebih.
“Kita optimis tahun ini tercapai bahkan transaksi bisa lebih dari Rp 21 miliar. Sebab setelah Ramadan dan lebaran kan masih ada beberapa hari penting lainnya seperti hari raya Idul Adha, Natal, dan Tahun Baru serta bersamaan juga dengan tahun ajaran baru sekolah, biasanya banyak yang menggadaikan barang,” jelasnya. (yan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: