Usaha Pembuatan Kartu Lebaran Sepi Pembeli

Usaha apapun asti akan dilakukan seseorang untuk mendapatkan penghasilan disaat menjelang Lebaran. Salah satunya usaha pembuatan kartu Lebaran. Walaupun peminatnya sudah berkurang tetapi masih ada saja rang yang menjalankan usaha ini.
Seperti halnya profesi yang dijalankan oleh Ken salah satu seniman yang telah menggeluti usaha musiman ini kurang ebih sekitar 10 tahun-an lebih di kawasan Jalan Jenderal Sudiran. Menurutnya jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya peminat kartu lebaran merosot jauh.

Ini disebabkan karena masyarakat saat ini kebanyakan memilih SMS untuk mengirimkan ucapan Lebaran ketimbang lewat kartu Lebaran.
‘’Tetapi walaupun demikian yang namanya tradisi itu tidak akan hilang begitu saja peminatnya, begitu juga dengan peminat kartu Lebaran. Buktinya masih ada saja konsumen dan pelanggan yang memesan kartu Lebaran walaupun tidak banyak,’’ungkap Ken yang telah mulai menciptakan hasil karyanya sejak awal bulan Ramadhan.
Untuk Lebaran kali ini kartu Lebaran yang dirancangnya sangat simple sekali. Hanya dengan memanfaatkan selembar kaca yang dihiasi dengan background lukisan serta rangkaian kata-kata yang disesuaikan dengan permintaan konsumennya. Masalah harga sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 10 ribu-an hingga Rp 20 ribua-an tergantung ukuran yang dipesan konsumen.
Untuk target tahun ini ia baru menyediakan 100 lembar kartu Lebaran dan samapi dengan H-10 Lebaran sudah terjual kurang lebih sekitar 25 hingga 30 lembar Kartu Lebaran, dan biasanya 3 hari menjelang Lebaran permintaan akan menigkat bahkan ia berharap permintaan akan lebih. (iya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: