8 Caleg di 4 Lawang tak Lolos Verifikasi

RADAR PALEMBANG, CALEG – Sebanyak 8 calon anggota legislatif (caleg) dari 691 caleg yang mendaftar melalui 34 parpol yang ada di Empat Lawang dinyatakan tidak lolos verifikasi. Mereka dipastikan tidak ikut dalam pemilhan umum tahun 2009 mendatang. Keterangan tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muraimin Zahri, didampingi anggotanya Mirian dan Radinal di Kantor KPU Empat Lawang, kemarin.


Menurut Muraimin ke-8 caleg itu sebenarnya secara administrasi telah memenuhi syarat dan kelengkapan. Tidak ada masalah dengan berkas-berkas pendukung yang harus disertakan. Tetapi masalahnya adalah mereka terdaftar sebagai caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gusdur versi Yeni Wahid.
Dikatakan Muraimin, karena berdasarkan aturan yang telah menjadi keputusan Mahkamah Agung (MA) dinyatakan bahwa PKB yang diakui KPU Pusat adalah PKB yang diketuai Muhaimin Iskandar. Aturan tersebut menjadi dasar acuan pula oleh KPU Provinsi dan diikuti pula oleh KPU Kabupaten untuk mengambil keputusan ini.
“Karena aturan mainnya sudah diputuskan pusat, kita yang di daerah ini tinggal menyesuaikan saja,” kata Muraimin.
Selanjutnya, kata Muraimin, mereka akan menyusun kembali berkas yang telah dikumpulkan tadi. Kemudian setelah itu baru disusun menjadi daftar calon sementara (DCS) dan akan diumumkan selama lima hari berturut-turut di media massa cetak dan elektronik dan lima hari pula dibuka tanggapan dan sanggahan dari masyarakat mulai tanggal 26 September mendatang.
“Nantinya jika ada keberatan dari masyarakat, akan menjadi pertimbangan pula untuk menentukan DCS tersebut menjadi daftar calon tetap (DCT),” tambah Muraimin.
Sebagaimana diketahui Kabupaten Empat Lawang saat ini, memiliki 4 daerah pemilihan yang bakal diperebutkan para caleg di antaranya. Yaitu dapil wilayah 1 dengan meliputi daerah wilayah Tebingtinggi dengan 8 kursi, dapil 2 wilayah kecamatan Pendopo 7 kursi, dapil 3 wilayah kecamatan Lintang Kanan dan Muara Pinang 6 kursi. Terakhir dapil 4 wilayah Talang Padang, Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh sebanyak 9 kursi. (obi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: