Investor Serius Garap Blok WAK

RADAR PALEMBANG, OKUT- Potensi minyak  bumi dan gas (migas) di Kabupaten OKU Timur, mulai dilirik kalangan investor. Kali ini PT Tiara Bumi Petrolium (TBP) menyatakan keseriusannya memperluas titik pengeboran sumur migas yang ada di blok migas West Air Komering (WAK) di Sumsel Kabupaten OKU dan OKU Timur.


Sebagai tahap awal TBP akan melakukan survei seismic di beberapa desa yang ada di Kecamatan Madang Suku III yang memiliki potensi mengandung migas. Sebelumnya TBP sendiri telah berhasil menemukan potensi migas di Desa Mandala Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU.
Menurut General Manager PT TBP Aria A Mulhadiono, survei seismic akan dilakukan dalam waktu dekat dengan mencari dan menggali potensi baru migas yang ada di Kabupaten OKU Timur dengan menggunakan metode pengeboman.
“Servei seismic dilakukan untuk mengetahui “rumah” minyak dan gas bumi dibawah permukaan bumi. Caranya kita melakukan ledakan kecil (low eksplosif) dengan mengebor tanah sedalam 25 meter yang kemudian diisi dengan bahan peledak. Menurut hasil pengkajian berbagai pihak, metode ini tidak berpengaruh pada tanaman tumbuh dan kesuburan tanah dan akibat dari ledakan akan mengakibatkan getaran yang kemudian getaran tersebut akan ditangkap oleh geophone untuk menentukan apakah di lokasi tersebut terdapat kandungan minyak dan gas bumi,” jelas Aria saat melakukan pemaparan di hadapan Bupati OKU Timur H Herman Deru, kemarin (23/9).
Dalam tahap awal survei ini, Aria mengatakan, belum dilakukan pembebasan lahan warga, hanya saja dalam hal ini TBP akan mengganti lahan masyarakat yang terkena jalur perlintasan kabel dari OKU sampai OKU Timur. “Begitu juga lahan tempat lubang yang akan kita tanam peledak akan kita ganti rugi tanam tumbuh yang ada di atasnya,” ujar Aria.
Survei sendiri rencananya akan dilakukan sekitar akhir tahun 2008 atau awal tahun 2009. Kemudian jika memang ditemukan kandungan migas, maka eksplorasi akan dilakukan oleh pihak ketiga, sejumlah sumur migas yang ditemukan nantinya dapat memproduksi migas 2-3 tahun mendatang.
Menanggapi hal ini Herman Deru menyambut baik rencana PT TBP yang akan melakukan survei seismic. Menurut Deru, OKU Timur sejak zaman Belanda memang telah diwarisi sumur-sumur tua yang mengandung migas.
“Jika memang setelah dilakukan survei ternyata di OKU Timur ditemukan kandungan migas, tentu hal ini akan semakin meningkatkan pendapatan asli daerah untuk OKU Timur,” ujar Deru.
Untuk itu Deru meminta kepada camat dan kades agar membantu PT TBP melakukan survei dan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa dalam hal ini tidak ada ganti rugi.
“Ini tugas camat dan kades jangan sampai langsung timbul opini di masyarakat bahwa lahan mereka akan diganti rugi. Kalau ternyata memang ditemukan kandungan minyak dan gas bumi akan dilakukan eksplorasi barulah lahan warga akan diganti rugi,” imbau Deru kepada kades yang turut hadir dalam pertemuan tersebut. (awa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: