Masalah Galian C Ngambang

LAHAT– Permasalahan penambangan galian golongan C yang belum ada titik temunya, kembali mendapatkan sorotan dan kritikan pedas dari sebagian anggota DPRD Kabupaten Lahat kemarin (24/9). Pasalnya, penambangan tersebut yang sebelumnya telah ditutup oleh Sat Pol PP Lahat, kini telah dibongkar oleh Solehan, pemilik usaha tambang tersebut.


Suparman (46) warga Desa Gunung Kembang Kecamatan Merapi Timur mengatakan, selama ini warga yang bermata pencaharian penambang batu dengan cara tradisional merasa tersingkir dan nyaris pupus dengan penambangan dengan menggunakan alat berat.
“Kami mau makan apa lagi, kalau warga yang sebagian besar bergantungan dengan tambang batu secara tradisional tersebut harus mengalah dan memberikan lahannya untuk dikerok sampai habis tanpa meninggalkan untuk penambang manual,” katanya dihadapan anggota Dewan.
Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Lahat Ariestoteles mengatakan, pihaknya telah memutuskan untuk menghentikan seluruh aktivitas penambangan milik saudara Solehan, sampai surat ijin resmi terbit dari instansi terkait.
Dipihak lain, Solehan Pemilik Penambangan mengatakan, surat izin penambangan sudah ada, dan mendapatkan restu dari kepala desa (kades) sebagai perpanjangan tangan Pemkab Lahat. (cr01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: