Pandangan Pribumi dan Non Pribumi Sudah Tak Relevan

WALAUPUN  sudah lama menjadi bagian dari warga negara Indonesia, namun sebutan sebagai warga non pribumi masih tetap saja dirasakan sebagian warga Tionghoa. Seharusnya pandangan warga pribumi dan non pribumi itu sudah hilang karena tidak lagi relevan dengan kondisi sekarang ini.
Salah seorang tokoh Tionghoa Sumsel Sakim mengungkapkan sebutan pribumi dan non pribumi tersebut merupakan sebutan yang sengaja dimunculkan para penjajah untuk memecah bela persatuan bangsa.

”Nah sekarang ini kan sudah merdeka, seharusnya sebutan itu dihilangan. Tidak ada lagi yang namanya warga pribumi atau non pribumi, tetapi hanya satu, warga negara Indonesia, “ terangnya kepada koran ini.
Dijelaskan penasehat PSMTI Kota Palembang ini, etnis Tionghoa atau bukan tetap sama tidak ada yang beda baik hak dan kewajiban. Oleh karena itu ia berharap kepada warga etnis Tionghoa untuk tidak selalu berpikir bahwa nenek moyang dari Cina. ”Jangan berpikiran ke sana lagi, tatapi pikirkan satu kita warga Indonesia, itu yang harus dikedepankan agar bangsa ini bisa maju, ” tegasnya.
Selain itu, pendapat yang mengatakan pribumi dan non pribumi sebaiknya juga dihilangkan, agar kesenjangan yang selama ini masih kerap dirasakan dapat sedikit berkurang. Kepada warga Tionghoa ia juga menghimbau untuk tidak takut terjun dalam dunia politik atau profesi lain selain bisnis.
”Kalau warga Tionghoa tidak mau ikut politik praktis, karena mereka punya pandangan dan menurut saya kekeliruan. Sejarah masa lalu memang harus diingat dan dijadikan pelajaran, Tetapi itu sudah bergesar nilainya. Nah, untuk bangun bangsa tidak hanya dagang, warga Tionghoa kan banyak, harusnya juga berpartisipasi dalam segala hal, masuk PNS, TNI, Polri dan politik sehingga kebersamaan itu betul-betul terpelihara, ” terangnya. (ace)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: