Panwas Siapkan Areal Khusus

RADAR PALEMBANG, PEMILU – Pada pemilu legislatif (pileg) 2009, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumsel akan menyiapkan areal khusus untuk memasang alat peraga dan sosialisasi kampanye. Diharapkan dengan cara ini tidak akan mengganggu keindahan, ketertiban kabuapten/kota.


”Berkaca pada pemilukada yang telah digelar, terlihat pada masa sosialisasi kota tampak semerawut. Karenanya, kami meminta agar pada pemilu legislatif, para bupati/walikota untuk mengefektifkan peraturan yang ada. Terutama peraturan mengenai pemasangan atribut di daerah masing-masing,” kata Ketua Panwaslu Provinsi Sumsel Ruslan Ismail, kemarin (24/9).
Diharapkan dengan penerapan aturan tersebut, maka kota tidak akan semerawut lagi. Apalagi masing-masing daerah memiliki peraturan yang mengaturan atribut, baliho dan apa pun bentuknya.
Selain meminta para kepala daerah mengefektifkan aturan yang ada, panwaslu Sumsel juga akan mengadakan pertemuan dengan panwaslu kabupaten/kota. Tujuannya membahas persoalan pileg 2009 mendatang.
”Salah satunya akan membahas masalah atribut. Kalau mengacu pada peraturan yang ada maka, atribut kampanye tidak boleh dipasang di jalan protokol, tempat ibadah, sekolah atau tempat lainnya. Nah, karena itu kami nanti akan mencoba menyiapkan areal khusus untuk pemasangan atribut kampanye,” tegas Ruslan.
Diharapkan, sambung Ruslan, dengan ada areal khusus, maka semua partai bisa tersosialisasi dengan baik. Karenanya sebagai syarat utama, tempat tersebut dilalui oleh orang banyak, luas dan bisa menampung semua atribut peserta kampanye.
”Paling tidak ada satu kawasan yang di tata khusus untuk menempatkan atribut kampaye parpol peserta pemilu sehingga tidak menggangu kenyamanan pengendara dan merusak pemandangan kota. Bayangkan sekarang ini ada yang dipasang di tengah jalan. Jadi kalau mau lewat ya was-was juga kalau-kalau kena pengenadara motor,” katanya.
Terkait dengan penwaslu kabuapten/kota ditambahkan pasca pelaksanaan pemilukada gubernur dan wakil gubernur maka pihaknay sudah resmi menerima SK dari Bawaslu untuk melakukan tugas pengawasan selama proses dan tahapan pileg.
“Hal serupa berlaku untuk panwaslu kabupaten/kota. Kami sendiri masih menunggu surat perpanjangan dari Bawaslu. Kalau sudah ada kami akan perpanjang masa kerja mereka untuk melaksanakan pengawasan pileg,” imbuhnya.(rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: