PKB Terancam tak Ikut Pileg

RADAR PALEMBANG, DCS – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumsel terancam tak akan mengikuti pemilu legislatif (pileg) 2009. Hal ini dipicu konflik internal yang berkepanjangan. ”Sesuai dengan tahapan maka besok (hari ini, red) 26 September adalah waktunya pengumuman DCS (daftar calon sementara). Insyaallah KPU Sumsel akan mengumumkannya tepat pada waktunya,” buka Ketua KPU Sumsel Syafitri Irwan di temui di KPU Sumsel kemarin (23/9).


Meski sambung Iwan – panggilan Syafitri Irwan – pada hari yang sama pihaknya akan berada di Jakarta guna memenuhi panggilan Mahkamah Agung (MA) RI terkait sidang gugatan sengketa pemilukada dari pasangan Syahrial Oesman – Helmy Yahya (SOHE). Agar semua berjalan, maka semua berkas terkait DCS akan dibawa ke Jakarta.
Saat disinggung mengenai masalah parpol dengan kepengurusan ganda, Iwan menegaskan sampai saat ini yang ada masalah hanya PKB saja. Karena kepengurusan ganda, maka ada dua kubu juga yang menyerahkan berkas pendaftaran caleg.
Menyikapi ini maka KPU Sumsel belum akan mengumumkan DCS khusus dari PKB. ”Kami akan menundanya untuk sementara waktu. Sampai persoalan internal mereka selesai, ” sambungnya.
Kan sudah ada keputusan Depkumhan, PTUN dan MA yang memenangkan kubu Muhaimin Iskandar ? ”Ya memang ada. Tetapi kami bukan lembaga eksekutor yang bisa memutuskan siapa yang benar. Dan tidak ada pula instruksi dari KPU pusat agar hanya menerima dari kubu A atau kubu B, ” imbuhnya.
Jadi tegas Iwan sekali lagi, pihaknya hanya bisa mengumumkan jika persoalan yang ada selesai. Namun ketika ditanya sampai kapan ditunda Iwan belum tahu. ‘’Kami tidak bisa memaksakan untuk mengambil keputusan. Karena kami tidak bisa masuk keintenal partai, ” imbuhnya.
Lalu apakah PKB tidak bisa ikut Pileg 2009 ? Menjawab pertanyaan ini Iwan menolak berbicara seperti itu. ”Saya tidak katakan itu. Tapi terjemahkan sendiri. Kalau sampai tidak diumumkan ya apa boleh buat. Saya tidak mau ikut campur (urusan internal PKB), ” sambungnya.
Hal serupa dikatakan oleh Anggota KPU Sumsel Helmi Ibrahim yang merupakan dari Divisi Hukum. Terhadap PKB pihaknya memberikan batas waktu hingga 31 Oktober 2008 atau sebelum pengumuman DCT (Daftar calon tetap) untuk menyelesaikan persoalan internal.  Jika hingga tanggal tersebut tidak ada kejelasan, maka dengan sangat terpaksa tidak bisa diumumkan
Terpisah Anggota KPU Sumsel Alfian Toni mengutarakan pihaknya akan mengacu pada aturan formal untuk mengatasi persoalan caleg yang diajukan oleh parpol yang berpengurusan ganda. “Kalau ada yang tidak puas, silahkan tempuh jalur hukum,”   kata Alfian.
Namun saat diminta mana yang sudah sesuai dengan aturan hukum, ia menolak mengtakannnya. Saat dikatakan KPU gamang, Alfian menolak mengatakan kata tersebut. “Jangan katakan gamang,” imbuhnya.
Sementara itu Ketua DPW PKB Sumsel Imran Chaniago yang merupakan PKB kubu Muhaimin Iskandar menegaskan kalau tidak benar partainya terancam tidak bisa ikut pileg 2009. “Saya sudah telepon Helmi Ibrahim dari Divisi Hukum menanyakan hal ini. Katanya tidak benar seperti itu. Kalau ada, hanya ditunda saja. Ini dilakukan karena kehati-hatian mereka. Saya melihat sikap ini sudah tepat dan profesional,” sambungnya.
Hanya saja kalau itu benar-benar terjadi pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan. Yaitu akan melaporkan KPU ke lembaga yang berwenang. “Bukan ke PTUN tetapi ke Polda. Dengan dugaan pelanggaran undang-undang,” tukasnya.
Kepada KPU kabupaten/kota Imran meminta agar bisa bersikap dengan profesional, tidak usah ragu-ragu dan bisa berpijak pada undang-undang yang berlaku.. “Jangan main-main dan ambil resiko dengan melanggar undang-undang. Apalagi sudah ada keputusan dari Depkumham, PTUN, MA dan KPU kalau yang diakui keabsahannya PKB Muhaimin Iskandar dan Lukman Eddy,” tandasnya.
Imran juga mengajak PKB dari kubu yang berseberangan dengan dirinya untuk islah. “Kami sudah membuka islah sejak 13 Juni yang lalu. Tetapi kalau mereka tidak mau ya kami jalan terus. Ajakan ini bukan karena saya di kubu yang dibenarkan undang-undang. Kalau pun saya dikatakan salah oleh undang-undang saya akan legowo,” katanya.(rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: