SBY Minta Perhatikan Veteran

RADAR PALEMBANG,VETERAN- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan para kepala daerah untuk memberikan penghormatan dan perhatian bagi para veteran. Menko Kesra Aburizal Bakrie juga mendapat instruksi untuk meningkatkan perhatian kepada para mantan pejuang itu.


Menurut SBY, memberi perhatian dan penghormatan kepada veteran merupakan kewajiban. ”Saya yakin para veteran tidak akan menuntut jasa atas perjuangan yang dilakukan tanpa pamrih,’’ kata SBY saat menghadiri Hari Perdamaian Sedunia di Istora Senayan kemarin (23/9).
Penghormatan bagi veteran, kata SBY, sudah menjadi kebijakan pemerintah. ’’Saya instruksikan kepada jajaran pemerintah terkait untuk segera melaksanakannya,” tegas SBY.
Dalam kesempatan itu SBY mengucapkan terima kasih penghargaan bagi para veteran. SBY mengajak para veteran untuk terus mewariskan nilai-nilai kejuangan kepada generasi muda. ’’Nilai-nilai kejuangan, kerelaan berkorban, dan pengorbanan bapak dan ibu patut menjadi teladan dalam menghadapi tantangan di masa depan,” kata SBY.
SBY juga mengemukakan, Indonesia mempunya kapasitas besar dalam menciptakan perdamaian dunia, stabilitas, serta keamanan dunia.  ’’Sejarah menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang berhasil membuat terobosan penting dalam sistem internasional, misalnya Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan sebagainya,’’ kata SBY.
Selain itu, lanjut SBY, Indonesia juga aktif berkiprah memajukan perdamaian di berbagai tempat dalam konflik Kamboja, dalam sengketa Laut China Selatan, serta konflik Palestina-Israel. ’’Bangsa Indonesia siap untuk bersama-sama menjadi bagian dari setiap resolusi konflik, antara lain dengan mengembangkan dialog antara agama dan dialog antar peradaban,” tambah SBY.
Hari Perdamaian Dunia, kata SBY, sangat penting  cita-cita piagam PBB dan UUD 1945 masih belum tercapai. Masihada konflik di berbagai penjuru dunia. Lebih dari 11 ribu senjata nuklir masih beroperasional, ribuan tentara anak-anak dan ratusan ranjau darat masih tersebar di zona konflik.
SBY pun membacakan SMS Sekjen PBB Ban Ki-Moon yang dikirim ke sejumlah kepala negara. ’’Saya bacakan sms-nya, pada 20 September Hari Perdamaian Internasional saya mengimbau semua pemimpin dunia dan rakyat di seluruh dunia untuk bergabung melawan konflik kemiskinan, kelaparan dan memperjuangkan hak-hak asasi manusia untuk semuanya,” ujar SBY.
Hadir dalam acara kemarin Menko Kesra Aburizal Bakrie, Mensos Bachtiar Chamsyah, Mensesneg Hatta Rajasa, Menkominfo Mohammad  Nuh dan Menteri Pemberdayaan Perempuan Meutia F. Hatta.(tom/iro/JPNN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: