Zakat Anak Baru Lahir

Pertanyaan

Saya baru saja melahirkan seorang anak di bulan suci ini. Apakah anak yang baru saya lahirkan wajib dikeluarkan zakatnya, bila ya, berapa ketentuannya, samakah dengan orang dewasa?

Mardiana
Jl Batanghari V No 201 RT 02/01 Palembang

Jawaban

Setiap jiwa yang terlahir di dunia, memang sudah diwajibkan dikeluarkan zakat fitrahnya sebesar 2,5 kilogram beras atau uang setara dengan harga beras tersebut. Dalam hal ini bila belum dewasa anak itu, maka orang tuanyalah atau kerabatnya yang harus mengeluarkan zakatnya. Akan tetapi bila ia sudah dewasa dan mampu mandiri, maka ia wajib mengeliarkan zakat fitrahnya sendiri.
Tentang siapa saja yang berhak menerima zakat, untuk zakat fitrah hanya dikhususkan bagi mereka yang terkategori miskin. Tapi bila zakat mal, maka wajib diberikan kepada 8 asnaf, yakni fakir miskin, anak yatim, orang yang berutang, musafir, amil (panitia zakat), muallaf.
Hukum zakat fitrah wajib bagi setiap muslim, sedangkan untuk zakat mal hanya diwajibkan bula sudah sanpai nisabnya dari barang yang kita miliki atau setara dengan uang Rp 42 juta per tahun.
Namun bila belum sampai nisab, tak diwajibkan zakat. Hanya saja, tetap dianjurkan untuk sedekah atau infak. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: